Bukan pakai garam, ini trik merangsang pertumbuhan bunga pada pohon jambu air meski ditanam dalam pot

Bukan pakai garam, ini trik merangsang pertumbuhan bunga pada pohon jambu air meski ditanam dalam pot
YouTube/Despry Grafting;YouTube/Lika garden & hobby

Brilio.net - Jambu air lebih enak jika dikonsumsi saat baru dipetik. Kondisi jambu air yang baru dipetik biasanya sangat segar dan mengandung banyak air. Selain itu, tekstur bagian luarnya juga terasa lebih padat atau tak lembek.

Untuk mendapat sensasi tersebut, menanam pohon jambu air sendiri bisa jadi cara menarik. Pada dasarnya, pohon jambu air bisa ditanam di lahan sempit, seperti pot atau polybag. Selain itu, perawatannya juga tidak terlalu rumit karena jambu air bisa tumbuh subur jika disiram secara rutin.

Namun perlu diketahui bahwa jambu air yang memasuki masa generatif (berbunga) biasanya jadi rentan rontok. Bukan tanpa sebab, bunga yang dihasilkan sangat rentan rontok jika terkena angin. Padahal jika bunganya rontok, tentu hasil buah jadi lebih sedikit.

Untuk mencegah hal tersebut, banyak orang kemudian menggunakan pupuk khusus. Salah satunya seperti garam dapur. Penambahan pupuk garam dapur ini diketahui dapat membuat pohon jambu air lebih subur dan berbuah lebat karena bunganya tak rontok.

Selain dengan garam, ada bahan dapur lain yang nggak kalah ampuh, lho. Seorang pengguna YouTube Despry Grafting pernah membagikan trik melebatkan bunga pada pohon jambu air. Jadi, pupuk tersebut berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bunga. Nah, bunga yang tumbuh juga tak akan mudah rontok sampai berhasil berubah menjadi buah, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya