Jangan cuma diberi bawang, ini cara basmi hama pohon cabai pakai cairan dari 1 jenis minyak

Jangan cuma diberi bawang, ini cara basmi hama pohon cabai pakai cairan dari 1 jenis minyak
YouTube/Roni Jenggot ; YouTube/TIMON mania

Brilio.net - Cabai sering dipakai untuk bumbu aneka masakan. Misalnya untuk rendang, terong balado, ayam woku, tongseng, dan lain-lain. Rasa pedas dan aroma khas dari cabai bisa membuat hidangan lebih nikmat. Selain itu, cabai juga dapat membantu warna hidangan jadi lebih menarik.

Karena banyak orang gemar menyantap menu pedas, nggak heran kalau cabai selalu laris di pasaran. Di sisi lain, banyaknya peminat cabai juga membuat bahan satu ini punya harga cukup mahal. Alhasil, banyak orang beralih menanam pohon cabai sendiri di rumah, sehingga tinggal memetiknya saja.

Pohon cabai dikenal mudah ditanam, baik dengan teknik penyemaian biji ataupun stek batang. Pohon cabai juga mudah tumbuh meski hanya ditanam di polybag atau pot saja.

Namun begitu, tanaman cabai tetap membutuhkan perawatan ekstra. Supaya buah cabai bisa tumbuh subur dan nggak jadi sarang hama.

Hama seperti kutu daun, belalang, sampai ulat memang sudah sejak lama jadi musuh bebuyutan petani cabai. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan cairan khusus pembasmi hama yang dijual di pasaran maupun membuatnya sendiri pakai bahan dapur. Salah satu bahan dapur yang populer digunakan untuk mengatasi hama cabai yakni bawang putih.

Nah, biar proses pembasmian hama pohon cabai semakin efektif, kamu bisa menggabungkan bawang putih dengan bahan lain, seperti yang dipraktikkan oleh warganet di akun YouTube Roni Jenggot. Ia mengaku, bahan yang dibutuhkan adalah satu jenis minyak sederhana.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya