Bukan bawang, ini trik bikin semprotan pembasmi hama bakteri & jamur di pohon cabai dari 1 bumbu dapur

Bukan bawang, ini trik bikin semprotan pembasmi hama bakteri & jamur di pohon cabai dari 1 bumbu dapur
foto: YouTube/Channel Nya Kang Japra; YouTube/ZONA GREEN CHANNEL

Brilio.net - Cabai sering digunakan sebagai bumbu pada berbagai hidangan, baik khas Nusantara sampai mancanegara. Jenis cabai pun bermacam-macam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Dari banyaknya jenis cabai, cabai rawit sepertinya jadi favorit kebanyakan orang di Indonesia yang gemar dengan masakan pedas, karena tingkat rasa pedas cabai ini dianggap pas dan cocok di lidah.

Namun, harga cabai di pasaran terkadang sangat tinggi, sehingga bikin banyak orang ogah membelinya di pasaran. Sebagai gantinya, banyak orang yang memilih menanam pohonnya di pekarangan rumah. Sehingga, kalau ingin masak pakai cabai, buah satu ini tinggal dipetik dari pohonnya. Hal ini sudah pasti bikin isi dompet tetap aman, kan?

Pohon cabai pun mudah ditanam dari biji buahnya saja, sehingga kamu nggak perlu repot-repot membeli bibit ataupun pohonnya langsung dari pedagang tanaman. Meski mudah ditanam, tapi tanaman cabai berisiko terkena penyakit ataupun rusak karena hama, lho. Hama seperti bakteri, jamur, dan lainnya memang sangat menyukai pohon cabai.

Pengalaman seputar merawat tanaman cabai yang terserang hama sempat dibagikan oleh salah seorang warganet di akun YouTube Channel Nya Kang Japra. Umumnya, kebanyakan orang memanfaatkan bawang merah ataupun putih untuk membasmi hama pada tanaman cabai. Tetapi, berbeda dengan warganet akrab disapa Japra ini, ia punya satu bumbu dapur lain yang nggak kalah ampuh membasmi hama tanaman cabai.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya