Cuma pakai 1 bahan, ini trik mengolah babat agar putih bersih dan antialot tanpa presto

Cuma pakai 1 bahan, ini trik mengolah babat agar putih bersih dan antialot tanpa presto
foto: YouTube/pawon tv

Brilio.net - Sudah sejak lama, masyarakat menggunakan daging hewani buat dijadikan menu makan harian. Bahkan, tak hanya daging hewani saja, jeroannya pun tak ketinggalan buat dijadikan bahan makanan. Seperti pada sapi maupun kambing, biasanya diambil pula babatnya untuk diolah jadi aneka hidangan.

Babat bisa diolah jadi tumisan, oseng babat mercon, topping nasi goreng, sop, soto, dan masih banyak lagi. Tekstur babat yang cenderung kenyal dan rasa gurihnya memang nikmat banget di lidah.

Di samping lezat, babat juga dipercaya baik untuk menjaga kesehatan, lho. Dilansir dari webmd.com, babat bisa memenuhi kebutuhan protein tubuh hingga 20 persen. Di samping itu, babat juga punya sejumlah vitamin yang dapat berguna untuk mencegah anemia, memperbaiki kerusakan sel tubuh, dan meningkatkan massa otot. Tapi, sebaiknya konsumsi bahan makanan satu ini secukupnya karena kadar kolesterolnya tinggi.

Ngomong-ngomong soal babat, buat yang hobi masak, tampaknya bisa memasukkan bahan makanan satu ini jadi menu masakan sekali sekala, lho. Namun, memang mengolah babat bisa jadi tantangan tersendiri karena bau dan kotorannya bisa-bisa masih tertinggal serta teksturnya sulit empuk.

Nah, salah seorang warganet di akun YouTube pawon tv sempat membagikan sejumlah trik untuk mengolah babat agar hasilnya putih bersih dan tidak alot sama sekali, lho. Bahkan, menurutnya proses mengolah babat ini juga tak akan bikin boros gas kompor karena direbus pakai teknik tersendiri.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya