Es krim sandwich ini awet dibiarkan 4 hari di halaman, ini penyebabnya

Es krim sandwich ini awet dibiarkan 4 hari di halaman, ini penyebabnya

Brilio.net - Pada umunya es krim tergolong sebagai makanan yang gampang mencair. Oleh karena itu, dia sebaiknya disimpan di kulkas dan hanya dikeluarkan ketika hendak dimakan. Namun ternyata ada es krim yang tidak meleleh meskipun dibiarkan di luar selama empat hari. Kok bisa ya?

Dikutip dari laman Buzzfeed, Selasa (8/8), seorang wanita dari Australia, Mary Salter, menemukan sebuah benda aneh di halamannya yakni es krim. Ternyata cucu Mary sengaja menaruh separuh es krim sandwhich agar dimakan hewan. Es krim tersebut sudah empat hari di halaman dengan suhu 26 derajat Celsius. Uniknya, tidak ada lelehan es krim sandwhich itu dan tidak juga dikerumuni semut.

Es krim sandwich ini awet dibiarkan 4 hari di halaman, ini penyebabnya

Melihat hal itu, Mary memfoto es krim tersebut dan mengunggahnya ke laman facebook. Hal ini tentu menjadi viral. Berkat unggahan Mary, akhirnya didapatkan jawaban dari salah seorang netizen yang mengerti proses ilmiah di balik tidak mencairnya es krim.

Ternyata es krim sandwhich memang diolah sedemikian rupa sehingga memperlambat proses meleleh di tangan. Salah satu caranya yakni memadatkan tekstur krim. Selain itu ada semacam cairan madu yang mampu memperlambat proses pelelehan tersebut.

Es krim sandwich ini awet dibiarkan 4 hari di halaman, ini penyebabnya

Percobaan pun dilakukan untuk membuktikannya. Es krim sandwhich ditunggu hingga meleleh. Ternyata ketika es krim mulai meleleh, akan keluar cairan kuning. Cairan tersebut ternyata zat dalam krim yang merembes keluar. Setelah cairan kuning keluar semua, yang tertinggal dari krim hanyalah busa padat putih yang utuh. Busa padat tersebut tetap bertahan selama empat hari dan tidak berubah bentuk.

Nah, begitu penjelasan es krim sandwhich tidak meleleh meskipun dibiarkan di halaman selama empat hari. Kamu sekarang nggak bingung lagi.

(brl/fen)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya