Hanya pakai 1 ampas dapur, begini cara cepat memipil jagung tanpa dibelah dan bikin tangan sakit

Hanya pakai 1 ampas dapur, begini cara cepat memipil jagung tanpa dibelah dan bikin tangan sakit
YouTube/BAGUS GIRI

Brilio.net - Selain nasi, jagung juga merupakan salah satu sumber karbohidrat. Untuk mengonsumsinya, jagung biasanya diolah terlebih dahulu jadi berbagai menu. Dengan berbagai macam metode memasak, jagung bisa diubah jadi masakan lezat dan menggugah selera, lho.

Saat hendak diolah, jagung biasanya akan dimanfaatkan bagian bijinya saja. Oleh sebab itu, biji jagung ini harus dipipil terlebih dahulu dari bonggolnya sebelum siap dimasak. Hal tersebut juga akan memudahkan proses memasak jagung.

Sayangnya, memipil jagung kerap jadi pekerjaan yang merepotkan. Karena terkadang, biji jagung tidak terlepas sempurna atau justru rusak. Hal ini kerap terjadi ketika biji jagung dipipil dengan cara diserut menggunakan pisau.

Sebagai alternatif lain, ada juga yang memilih memipilnya secara manual menggunakan tangan. Agar lebih mudah, sebagian orang umumnya dibelah dulu bonggol jagungnya jadi dua atau tiga bagian. Walau ampuh bikin biji jagungnya tidak rusak, namun cara ini tetap akan membuat telapak tangan terasa sakit jika dilakukan dalam waktu lama.

Supaya tangan tak sakit atau pegal sekaligus biji jagung nggak rusak, sebenarnya kamu bisa menggunakan metode lain, lho. Seorang pengguna YouTube BAGUS GIRI pernah membagikan cara memipil jagung tanpa perlu dibelah atau bikin tangan sakit. Dengan memanfaatkan ampas dapur, proses memipil jagung yang dilakukan bahkan bisa jadi lebih cepat.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya