Trik menggoreng tempe supaya hasilnya renyah hingga 1 bulan, ampuh tanpa dijemur atau dibaluri tepung

Trik menggoreng tempe supaya hasilnya renyah hingga 1 bulan, ampuh tanpa dijemur atau dibaluri tepung
foto: YouTube/SITI MH

Brilio.net - Tempe merupakan salah satu bahan makanan yang punya cita rasa lezat. Tapi nggak cuma enak, tempe juga dipercaya sebagai sumber protein yang sehat. Olahan kedelai satu ini memang kaya akan manfaat kesehatan. Dilansir dari lifeextension.com, tempe mengandung banyak sekali protein, serat, mineral, dan antioksidan. Sejumlah nutrisi ini bisa mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berbicara soal tempe, salah satu olahannya yang mudah dibuat adalah tempe goreng. Menu satu ini bahkan kerap dipilih sebagai lauk atau pendamping makan berat. Tempe goreng bahkan bisa juga disantap sebagai camilan yang enak dan menyehatkan.

Biasanya tempe goreng yang enak cenderung memiliki rasa gurih yang khas dan bertekstur sangat renyah. Untuk mendapat tekstur seperti ini, sejumlah orang terkadang menggunakan tambahan tepung. Adonan tepung dipercaya bisa membuat tempe tetap renyah dalam waktu yang lama.

Selain diberi tepung, ada juga yang memilih untuk menjemur tempe. Jadi sebelumnya, tempe akan diiris tipis dan dijemur sampai kering. Pembuatannya yang cenderung mirip keripik ini dapat membuat tempe goreng jadi benar-benar garing dan renyah.

Namun sebenarnya ada cara yang lebih praktis untuk menghasilkan tempe goreng yang super renyah, lho. Hal ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube SITI MH. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan tambahan tepung atau bahkan proses penjemuran.

"Jadi ini tempe goreng kriuk, tapi bukan keripik tempe," ujar YouTube SITI MH dikutip BrilioFoodpada Kamis (31/8).

Usut punya usut, rahasia kerenyahan tempe ini terletak pada proses penggorengannya. Jika digoreng dengan tepat, tempe bisa garing sempurna dan nggak gosong, lho. Selain itu, kerenyahan ini bisa bertahan lama hingga 1 bulan lamanya.

(brl/lak)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya