Hanya pakai 1 bahan dapur, begini cara hilangkan bercak gosong di panci

Hanya pakai 1 bahan dapur, begini cara hilangkan bercak gosong di panci
Cuka putih adalah kunci |

"Bersihin panci pakai bahan yang aman, yuk. Biar nggak khawatir kalau mau dipakai buat masak makanan, aku di sini pakai cuka," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube myversionofzen pada Rabu (31/5).

Caranya, tuangkan cuka putih secukupnya ke dalam panci. Lalu, tambahkan air panas sampai seluruh bercak gosong yang ada di dalam panci bisa terendam. Lantas, diamkan cuka dan air tersebut di dalam panci selama 30 menit agar dapat bekerja maksimal mengangkat bercak gosong.

Hanya pakai 1 bahan dapur, begini cara hilangkan bercak gosong di panci

foto: YouTube/myversionofzen

Setelah didiamkan, pindahkan sebagian air cuka ke dalam mangkuk. Sisa air cuka yang masih ada di panci bisa dipakai untuk melanjutkan proses membersihkan panci. Ambil spons yang sudah diberi sabun cuci piring, lalu campurkan dengan cuka di dalam panci dan gosok-gosok sampai seluruh bercak gosongnya hilang.

"Kalau masih ada gosong-gosong yang tersisa, tambahkan sisa cuka tadi, lalu gosok lagi," imbuh pemilik akun YouTube myversionofzen.

Hanya pakai 1 bahan dapur, begini cara hilangkan bercak gosong di panci

foto: YouTube/myversionofzen

Setelah dibilas, lanjut membersihkan bercak gosong yang ada di bagian luar panci. Lantaran tak bisa direndam, cara membersihkannya beda, nih. Bagian luar panci yang ada bercak gosong bisa dikompres pakai kapas yang sudah dibasahi dengan sisa air cuka yang sebelumnya digunakan untuk merendam.

Diamkan kompres cuka tersebut selama 30 menit atau 1 jam tergantung seberapa banyak dan tebalnya noda gosong. Selesai dikompres, bagian luar panci bisa diberi sabun dan digosok menggunakan spons hingga benar-benar bersih. Terakhir, bilas dan keringkan panci sebelum dapat digunakan kembali.

Hanya pakai 1 bahan dapur, begini cara hilangkan bercak gosong di panci

foto: YouTube/myversionofzen

Gimana, praktis banget ya caranya? Mengintip kolom komentar di unggahan YouTube myversionofzen, sejumlah warganet mengaku terbantu dengan cara bersihkan panci ini, lho. Di sisi lain, ada pula yang membagikan informasi bermanfaat lain seputar membersihkan bercak gosong di panci. Unggahan ini pun sudah ditonton lebih dari 66 ribu kali.

"Kadang aku rebus air dan garam untuk ngelepasin keraknya. Lumayan membantu untuk bagian dalam Untuk bagian luar ngikutin cara kakaknya ini mantep manjur ," ungkap YouTube happy katrie.

"sama kak,kalo saya cuka dikasih tambahan baking soda.untuk bagian bawahnya yg sulit direndam,caranya cairan td dimasukin baskom trus pancinya dimasukin deh," imbuh YouTube Moh Iswansyah.

"Barusan cobain praktek tips dari video ini dan alhamdulillah ngebantu buat ngilangin gosongnya. Makasih banyak, Kak ," ucap YouTube Aishaa Lula.

"Makasih banyak kak bermanfaat bgt," puji YouTube dita dwi hidayah.

"Aku sering begini karena beberapa kali ngegosongin panci wkwkw. Tp suatu saat pernah ngerendemnya kelamaan sampe seharian gara2 gosong parah, eh pancinya jadi bocor jd emang ga boleh lama2 ngerendemnya," kata YouTube Aiie Yumz.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya