Hanya pakai tepung tapioka, ini cara simpel bikin papeda ala rumahan

19 / 09 / 2022 16:01 WIB Shahfara Raida
Hanya pakai tepung tapioka, ini cara simpel bikin papeda ala rumahan
foto: TikTok/@dapur_nn

Brilio.net - Papeda dikenal sebagai salah satu makanan pokok khas Papua dan Maluku. Papeda dibuat menggunakan sagu dan teksturnya lengket menyerupai bentuk lem. Namun, makanan ini dipercaya sangat kaya serat dan nutrisi lainnya untuk kesehatan, lho.

Papeda umumnya disajikan bareng lauk ikan yang dimasak pakai kuah kuning. Kuah kuningnya pun punya cita rasa khas rempah kunyit yang bikin hidangan semakin nikmat. Nggak harus mencari ke daerah asalnya, papeda juga bisa dibikin sendiri di rumah, lho.

Untuk membuat papeda khas rumahan juga nggak melulu pakai sagu. Jika kesulitan mencarinya, bisa gunakan alternatif lain, yakni tepung tapioka. Tepung tapioka ini memang biasanya dipakai untuk mengolah aneka kue dan camilan. Tekstur tepung tapioka yang kenyal setelah diolah bisa bikin papeda versi ini mirip dengan papeda dari sagu, lho.

Salah seorang warga TikTok yang gemar membagikan konten seputar memasak punya resep papeda dari tepung tapioka ini, lho. Perempuan bernama Nana ini menunjukkan cara mudah bikin papeda hanya dengan mencampurkan tepung tapioka dengan air tanpa dimasak di atas api.

"Buat kalian yg penasaran bisa pake tepung tapioka," ujarnya pada keterangan captionnya.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya