6 Cara bikin sosis ala rumahan tanpa daging, sederhana dan ekonomis

18 / 09 / 2022 15:32 WIB Shahfara Raida
6 Cara bikin sosis ala rumahan tanpa daging, sederhana dan ekonomis
foto: TikTok/@fajarlele

Brilio.net - Sosis pada umumnya terbuat dari daging sapi maupun ayam. Di pasaran, harga sosis dibanderol beragam, tergantung jenis dan kualitasnya. Bahkan, tak sedikit sosis yang punya harga fantastis karena diklaim terbuat dari daging asli.

Sosis ini kerap dikreasikan jadi berbagai menu seperti BBQ, topping mi instan, camilan, dan lain sebagainya. Selain simpel untuk diolah, sosis juga bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Nggak salah, kalau banyak yang menjadikan sosis sebagai stok makanan di rumah.

Dikenal sebagai makanan olahan yang diproduksi pabrik dalam skala besar, bukan berarti sosis nggak bisa dibuat sendiri di rumah. Kamu bahkan bisa membuat sosis KW ala rumahan tanpa tambahan daging sama sekali. Sosis ala rumahan satu ini bisa pula jadi ide bisnis kecil-kecilan.

Kamu bisa meniru resep dan cara membuatnya dari finalis ajang MasterChef Indonesia season 6, Fajar Alam Setiabudi. Lewat akun TikToknya, Fajar alam membagikan resep membuat sosis rumahan dengan bahan-bahan sederhana. Tanpa daging, sosis buatannya hanya membutuhkan tepung, saus BBQ, dan bahan pelengkap lainnya.

Penasaran bagaimana cara bikin sosis KW ini? Berikut enam cara bikin sosis KW ala rumahan tanpa daging yang simpel dan ekonomis, dilansir BrilioFood dari TikTok/@fajarlele, Minggu (18/9).

Bahan adonan:
- 100 gr tepung terigu
- 80 gr tepung sagu
- 1 telur ayam
- 150 ml air
- 3 sdm saus BBQ
- 1,5 sdt kaldu bubuk sapi
- 1/2 sdt lada hitam
- 2 sdm saus tomat
- 4 tetes pewarna makanan merah

Bahan lain:
- Plastik kecil (gunakan yang foodgrade)
- Air es
- Air untuk merebus

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya