Heboh UMKM frozen food tanpa izin BPOM terancam denda, ini 5 faktanya

20 / 10 / 2021 12:02 WIB Intan Palupi
Heboh UMKM frozen food tanpa izin BPOM terancam denda, ini 5 faktanya
pixabay.com

Brilio.net - Bisnis frozen food memang cukup ramai. Apalagi saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Banyak yang memutar otak untuk mencoba bisnis baru seperti bisnis frozen food tersebut.

Tapi sebelum itu, kamu perlu memastikan apakah usaha yang kamu miliki memang perlu izin resmi atau tidak. Agar tidak bernasib sama seperti yang baru-baru ini viral dialami oleh salah satu pelaku usaha UMKM. Melalui media sosial Twitter, ada warganet yang membuat thread tentang kisah temannya karena terancam denda Rp 4 M dan juga terancam penjara karena tidak memiliki izin edar BPOM.

Ramai pembahasan UMKM Frozen Food terancam denda, BPOM pun angkat bicara. Melalui laman resminya, Badan Pengawas Obat dan Makanan memberikan klarifikasi.

Lantas, bagaimana fakta terkait perizinan pangan olahan yang disimpan beku menurut BPOM? Berikut BrilioFood rangkum dari laman resmi pom.go.id pada Rabu (20/10).

1. Pangan olahan dalam kemasan eceran wajib memiliki izin edar.

umkm frozen food denda  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2019 tentang Keamanan Pangan, pangan olahan baik yang diproduksi dalam negeri atau luar negeri dikemas secara eceran wajib memiliki izin edar.

2. Pengertian frozen food.

umkm frozen food denda  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Frozen food adalah pangan olahan yang diproduksi dengan proses pembekuan dan juga tetap dipertahankan beku pada suhu -18C selama distribusi dan juga penyimpanannya.

3. Frozen food saat diedarkan dapat disimpan secara beku.

umkm frozen food denda  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Untuk memperpanjang umur makanan dan juga menjaga mutu produk dapat disimpan dalam suhu beku sampai tangan konsumen. Contohnya makanan siap saji seperti mi ayam yang dibekukan.

4. Disimpan pada suhu -18C supaya awet.

umkm frozen food denda  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Proses penyimpanan makanan olahan pada suhu beku minimal -18C merupakan salah satu cara agar makanan lebih awet sehingga menghambat pertumbuhan mikroba. Sehingga produk makanan lebih aman dan juga berkualitas.

5. Kriteria pangan olahan yang tidak wajib punya izin edar.

umkm frozen food denda  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Pangan olahan siap saji yang disimpan sementara pada suhu beku selama pendistribusian dengan masa simpan kurang dari 7 hari dan diproduksi berdasarkan pesanan, tidak wajib memiliki izin edar. Baik dari Badan POM maupun dari pemerintah daerah kabupaten/kota.

Begitu pula dengan olahan yang digunakan lebih lanjut sebagai bahan baku pangan dan tidak dijual secara langsung kepada konsumen akhir. Serta dijual dan dikemas langsung di hadapan pembeli dalam jumlah kecil sesuai permintaan konsumen.

Sedangkan pangan olahan beku dan pangan olahan siap saji yang disimpan beku dengan masa simpan 7 (tujuh) hari atau lebih dan diproduksi secara masal wajib memiliki Izin Edar dari Badan POM, bukan dari pemerintah daerah kabupaten/kota.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Thai Tea Churros

  • Ayam Bakar Garam

    Ayam Bakar Garam

  • Cakwe Asam Manis

    Cakwe Asam Manis

  • Molen Pisang Keju

    Molen Pisang Keju

Review

Selengkapnya