Jadi penyebab kue terasa seret, emak-emak ini punya trik lelehkan margarin agar tak mudah pecah

Jadi penyebab kue terasa seret, emak-emak ini punya trik lelehkan margarin agar tak mudah pecah
foto: Instagram/@menu.berbuka

Brilio.net - Margarin merupakan bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue karena dapat memberikan tekstur dan rasa khas. Dibuat dari minyak nabati, margarin memiliki kandungan lemak yang mirip dengan mentega, namun cenderung lebih mudah diolah karena teksturnya lebih lembut jika di suhu ruang.

Keberadaan margarin dalam adonan kue membantu menciptakan kue yang lembut dan mengembang dengan baik. Hal inilah yang kemudian membuat margarin jadi pilihan favorit banyak pembuat kue.

Namun perlu diketahui bahwa menambahkan margarin ke dalam adonan kue tidak bisa sembarangan, lho. Agar margarin bisa tercampur sempurna, bahan satu ini perlu dilelehkan terlebih dahulu. Nah, proses pelelehan margarin juga perlu diperhatikan supaya tidak pecah.

Pada dasarnya, hasil margarin yang pecah biasanya tidak akan tercampur sempurna ke dalam adonan. Hal ini juga berpengaruh pada kue atau bolu yang sudah matang. Penggunaan margarin yang pecah akan membuat kue terasa seret saat dikonsumsi.

Nah, supaya hasilnya lebih lembut, ada sebuah trik khusus yang harus dilakukan saat hendak melelehkan margarin. Trik ini pernah dibagikan oleh emak-emak pengguna Instagram @menu.berbuka melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku trik melelehkan margarin yang dilakukan membuat hasilnya lebih lembut dan tidak pecah.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya