Tanpa margarin cair, ini cara bikin adonan gorengan agar renyah seharian pakai tambahan 2 bahan dapur

Tanpa margarin cair, ini cara bikin adonan gorengan agar renyah seharian pakai tambahan 2 bahan dapur
foto: Instagram/@machelwie

Brilio.net - Siapa sih yang nggak doyan ngemil gorengan? Makanan satu ini dapat dibuat dari berbagai bahan, baik pisang, jamur, udang, cumi, tahu, tempe, sayuran, ubi, dan masih banyak lagi, sehingga nggak cepat bikin bosan. Renyah dan gurihnya rasa gorengan biasanya didukung oleh adonan yang dibuat dari racikan bahan yang tepat.

Namun, adonan gorengan terkadang hanya renyah sebentar saja, terutama saat masih hangat. Nantinya, saat sudah dingin dan didiamkan lama di suhu ruang, gorengan akan melempem dan tekstur renyahnya hilang. Kalau sudah seperti ini, pasti gorengan jadi nggak menggugah selera lagi, ya?

Makanya banyak orang mencoba trik-trik seputar bikin adonan gorengan biar renyahnya bisa tahan lama. Salah satu trik yang sempat populer di kalangan penggemar kuliner, yaitu menambahkan margarin cair ke adonan sebelum digoreng. Namun, kalau kamu tak ada margarin cair, jangan buru-buru bingung dulu, karena masih banyak trik lainnya.

Salah satu trik bikin adonan gorengan yang renyah tahan lama sempat dibagikan oleh warganet di akun Instagram @machelwie. Usut punya usut, trik ini bisa bikin gorengan renyah seharian dan rasanya enak. Kuncinya, selain meracik tepung yang tepat, adonan juga membutuhkan tambahan dua bahan dapur. Lantas, penasaran gimana triknya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya