Jangan asal, begini cara menyimpan SP emulsifier agar awet dan tak mudah rusak

Jangan asal, begini cara menyimpan SP emulsifier agar awet dan tak mudah rusak
foto: YouTube/chefagung chanel

Brilio.net - Dalam pembuatan aneka kue, SP emulsifier atau pengemulsi jadi salah satu bahan yang tidak boleh dilupakan. Bahan satu ini berfungsi untuk melembutkan, membuat adonan kue lebih mengembang, dan memiliki pori lebih halus. Tentu saja kue akan terlihat lebih menarik dan matang sempurna jika kondisi adonan mengembang dengan baik.

Walau punya fungsi penting, namun penggunaan SP emulsifier ini harus sesuai takaran. Misalnya, untuk adonan kue dengan lima butir telur, maka SP emulsifier yang dibutuhkan hanya sekitar satu sendok teh saja. Artinya, SP emulsifier hanya digunakan dalam porsi sedikit.

Sayangnya, di luaran sana, SP emulsifier umumnya dijual dalam porsi yang cukup banyak. Ada yang 30 gram, 70 gram, hingga 1 kilogram. Jika jumlah yang digunakan hanya sedikit dalam satu kali masak, tentu sisanya harus disimpan dengan baik.

Menyimpan SP emulsifier ini nggak boleh sembarangan, lho. Pasalnya banyak orang yang mengalami adonan gagal mengembang setelah dicampur SP yang sebelumnya sudah disimpan. Hal ini mengindikasikan bahwa SP emulsifier tidak disimpan dengan benar sehingga membuat teksturnya jadi rusak dan tidak layak dipakai.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya