Jangan asal, ini trik aman mencuci telur ayam agar tak terkontaminasi

Jangan asal, ini trik aman mencuci telur ayam agar tak terkontaminasi
TikTok/@elinsulivan

Brilio.net - Saat membeli telur ayam di pasar, kamu pasti pernah mendapati kondisi telur yang sangat kotor. Bahkan kotoran dari ayam kerap masih menempel di cangkang telur. Hal inilah yang kemudian membuat sejumlah orang jijik dengan kondisi telur yang kotor.

Pada dasarnya, kondisi telur ayam yang kotor adalah hal yang lumrah. Tapi bagi sebagian orang, hal ini tetap mengganggu. Alhasil, banyak orang kemudian mencuci telur di air mengalir untuk menghilangkan kotorannya.

Padahal mencuci telur ayam ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan, lho. Dilansir dari cfsph.iastate.edu, telur memiliki pori-pori kecil yang mudah dimasuki oleh bakteri berbahaya. Pori-pori ini akan terbuka ketika telur dicuci. Alhasil, bakteri pada air akan masuk ke dalam pori-pori dan mengontaminasi telur. Padahal, telur yang terkontaminasi cenderung mudah busuk, terutama saat hendak disimpan.

Meskipun begitu, banyak orang yang masih menganggap telur kurang higienis jika tidak dicuci. Memang, dalam beberapa kasus, telur yang dibeli terkadang mengandung banyak sekali kotoran. Tentu kotoran tadi harus dibersihkan sebelum telur hendak disimpan agar telur lain tidak terkontaminasi

Nah, jika terpaksa dicuci bersih, kamu perlu tahu trik mencuci telur ayam dengan lebih aman. Seorang konten kreator TikTok @elinsulivan pernah membagikan trik aman mencuci telur ayam. Dalam salah satu video yang diunggah, jebolan MasterChef musim kelima ini mengaku tidak sembarangan dalam mencuci telur ayam.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya