Jangan asal olah, ini cara memasak okra agar tidak berlendir

Jangan asal olah, ini cara memasak okra agar tidak berlendir
Jangan lupa potong bagian ujung okra. |

Oleh karena itu, untuk kamu perlu tahu bagaimana cara mengolah okra agar tidak berlendir. Kamu bisa meniru cara yang dibagikan salah satu channel YouTube dengan nama 'Santo Sapi'. Lewat video yang diunggahnya, pemilik channel tersebut memperlihat tips mengolah okra yang dimasak dengan cara ditumis.

"Ternyata mudah banget agar okra tidak berlendir!Ditumis bikin ketagihan," tulisnya dalam judul video unggahannya, dilansir BrilioFood padaSabtu (12/11).

Jangan asal olah, ini cara memasak okra agar tidak berlendir

foto: YouTube/Santo Sapi

Pertama-tama, kamusiapkan okra dan bahan-bahan lainnya. Sebelum mencuci okra, pastikan bagian ujung yang berwarna hitam dipotong terlebih dahulu. Potong secara melingkar hingga seluruh bagiannya terpisah dari okra. Bagian tersebutlah yang memproduksi lendir saat okra nanti diolah menjadi masakan.

Jangan asal olah, ini cara memasak okra agar tidak berlendir

foto: YouTube/Santo Sapi

Jika sudah, masukkan okra ke dalam wadah, lalu beri garam ke dalamnya. Aduk-aduk dan gosok-gosok permukaan okra dengan menggunakan tangan. Pastikan seluruh permukaan okra terlumuri garam. Penggunaan garam ini, untuk menghilangkan bulu-bulu halus yang ada pada okra. Jika sudah, bilas okra di bawah air yang mengalir.

Jangan asal olah, ini cara memasak okra agar tidak berlendir

foto: YouTube/Santo Sapi

Jika sudah bersih, okra bisa langsung direbus. Panaskan terlebih dahulu air di dalam panci, jika sudah mendidih baru masukkan okra. Tak perlu memasaknya dalam waktu yang lama, agar tekstur renyah dari okra tidak hilang. Jika sudah, angkat lalu tiriskan okra. Potong-potong okra menjadi bagian kecil, lalu campur dengan bahan dan bumbu tumisan.

Tanpa perlu dimasak lagi, okra yang sudah direbus sebenarnya bisa dinikmati sebagai lalapan. Rasanya yang lezat dan renyah cocok disajikan bersama pedasnya sambal dan aneka lauk-pauk lainnya. Selain sudah ditonton hingga 35 ribu kali, kolom komentar video ini juga dipenuhi oleh tanggapan dari para warganet yang merasa terbantu setelah melihat video tersebut.

"Terimakasih resepnya bang..nonton dari Afrika Barat. Cara masak kacang okra," tulis akun YouTube/Pantai Gading.

"Trimakasih Mas atas resep dan infonya masak okra..Barusan ibu masak kebetulan ada okra ibu tumis sesuai resepnya Mas sayang gak ada cabe hijau tapi ya mantep juga rasanya dan ingus nya lumayan sedikit wlpun kental hahahhah..itupun terakhir ibu masukkan di tumisan langsung matikan kompornya biar gak banyak lendirnya Trimakasih ya mas ibu sub n like .," ujar akun YouTube/ade darwati.

"Mantap sayacoba masak Terimakasi resepnya," sahut akun YouTube/Mirza mimi.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya