Jangan cuma dipotong bagian ujungnya, ini trik menghilangkan getah timun agar rasanya tak pahit

Jangan cuma dipotong bagian ujungnya, ini trik menghilangkan getah timun agar rasanya tak pahit
YouTube/RESEP QUW

Brilio.net - Siapa sih yang nggak suka timun, sayuran satu ini punya rasa segar dan tekstur renyah. Cocok disantap sebagai lalapan maupun diolah jadi menu sayur untuk makan berat.

Di balik rasanya yang segar, timun memang mengandung banyak air. Dilansir dari bupa.co.uk, kandungan air pada timun mencapai sekitar 96%. Selain air, timun juga kaya serat dan vitamin, sehingga baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan.

Sayangnya, beberapa jenis timun biasanya punya rasa yang pahit. Hal ini disebabkan oleh senyawa bernama cucurbitacin pada timun. Nah, senyawa ini paling banyak ditemukan pada bagian getahnya, lho.

Padahal mengonsumsi timun pahit tentu mengurangi nafsu makan. Oleh sebab itu, banyak orang enggan mengonsumsinya jika rasanya pahit. Alhasil, timun yang rasanya pahit kerap dibuang begitu saja karena dianggap kurang layak dikonsumsi.

Jika kamu mendapati kondisi timun seperti itu, jangan buru-buru dibuang, ya. Beberapa orang biasanya menerapkan sebuah trik khusus, yakni dengan memotong bagian ujung timun. Karena bagian tersebut dianggap mengandung getah paling banyak, yang membuat timun jadi pahit.

Tapi tahu nggak sih, memotong bagian ujungnya saja terkadang tidak memecahkan masalah. Getah yang terlanjur menyebar di bagian dalam timun tetap membuatnya terasa pahit. Hal ini disebabkan karena getahnya tidak keluar secara maksimal.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa meniru sebuah trik sederhana yang dibagikan oleh pengguna YouTube RESEP QUW. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku menerapkan cara lain untuk menghilangkan getah timun secara maksimal. Jadi, timun tidak hanya dipotong bagian ujungnya saja.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Mie Tiwi, Nyobain Mie Garing Khas Makassar

    Jalan Makan Mie Tiwi, Nyobain Mie Garing Khas Makassar

  • Jalan Makan Kambing Babeh Dolof, dagingnya lembut dan bumbunya nampol banget

    Jalan Makan Kambing Babeh Dolof, dagingnya lembut dan bumbunya nampol banget

  • Jalan Makan Sunda Prasmanan Cikajang, ngeunah pisan restoran Sunda di Jakarta Selatan

    Jalan Makan Sunda Prasmanan Cikajang, ngeunah pisan restoran Sunda di Jakarta Selatan

Review

Selengkapnya