Jangan cuma direbus, begini trik mengolah jengkol supaya nggak bau dan tak merusak ginjal

Jangan cuma direbus, begini trik mengolah jengkol supaya nggak bau dan tak merusak ginjal
Belah dulu masing-masing jengkol jadi dua |

Triknya, belah dulu masing-masing jengkol jadi dua, kemudian rendam di dalam air larutan garam selama 24 jam. Usai direndam, nantinya air rendaman jengkol akan terlihat keruh, artinya asam jengkolat di dalam jengkol sudah mulai keluar. Kemudian, bilas jengkol sampai bersih.

"Coba deh kalian cuci tangan kalian dengan air ini, maka akan terasa gatal. Buat aku nih gatalnya baru hilang selama 1 hari," ucap pemilik akun TikTok @dr.emasuperr, dikutip BrilioFood pada Selasa (12/9).

Bukan cuma sekali, proses merendam jengkol harus dilakukan lagi sampai 3 kali. Pastikan untuk mengganti air larutan garam dengan yang baru dan merendamnya dalam waktu sama, yakni 24 jam. Di hari kedua nanti, akan terdapat busa di air rendamannya. Selesai direndam, bilas kembali jengkolnya.

Jangan cuma direbus, begini trik mengolah jengkol supaya nggak bau dan tak merusak ginjal

foto: TikTok/@dr.emasuperr

Di hari ketiga, rendam lagi jengkolnya di air larutan garam yang baru selama 24 jam. Sama halnya dengan hari kedua, di hari ketiga ini di permukaan air rendamannya pun akan dipenuhi busa. Lalu, bilas jengkol sampai bersih. Terakhir, rebus jengkolnya selama 30 menit agar kadar asam jengkolatnya benar-benar hilang.

Jangan cuma direbus, begini trik mengolah jengkol supaya nggak bau dan tak merusak ginjal

foto: TikTok/@dr.emasuperr

Setelah direbus, jengkol pun dapat langsung dikonsumsi ataupun diolah lagi jadi masakan apapun sesuai selera. Dokter Ema menambahkan, jengkol ini bukan hanya jadi lebih aman dikonsumsi buat kesehatan, tapi baunya juga berkurang. Sehingga, buat yang nggak doyan bau jengkol tetap bisa ikut mengonsumsinya.

Jangan cuma direbus, begini trik mengolah jengkol supaya nggak bau dan tak merusak ginjal

foto: TikTok/@dr.emasuperr

Nah, mulai sekarang, jangan keliru lagi saat mengolah jengkol, ya. Mengintip kolom komentar di unggahan TikTok @dr.emasuperr yang sudah ditonton 14 juta kali ini, ada beberapa warganet yang juga membagikan trik lain seputar memasak jengkol biar nggak bau dan aman dikonsumsi, lho.

"aku klo udah potongin jengkol jemgkolnya d garamin dulu 15 menit pas d cuci tuh getah2nya keluar," jelas TikTok @rikanurika25.

"aku tim yang rendam dulu 24jam baru direbus 1 jam, baru di olah mau jadi apa aja, besok2 rendamnya 4 hari dah kalo gitu ," ucap TikTok @Valent.

"aku rendam selama 5hari ," ungkap TikTok @rahmi.

@dr.emasuperr Kalo masih ada yang ga percaya jengkol bisa merusak ginjal, coba rendam jengkol dengan air garam dan diamkan selama 24 jam. Hari pertama, air akan berubah menjadi keruh dan berbau jengkol Coba cuci tangan kalian dengan air ini, maka akan terasa gatal. Bagi Sebagian orang termasuk aku, gatalnya baru hilang selama sehari. Lalu cuci dengan air bersih, beri garam Kembali dan diamkan selama 24 jam lagi. Esoknya air akan semakin keruh dan memunculkan busa yang berbau menyengat. Kalau berani, bisa di coba untuk cuci tangan lagi agar merasakan betapa gatalnya air ini jika kena kulit. Ulangi lagi, cuci jengkol dan beri air garam. Diamkan 24 jam. Hari ketiga, busa akan keluar lagi lebih banyak. Busa busa Inilah yang disebut asam jengkolat. Asam jengkolat ini bisa menyebabkan perlukaan pada saluran kencing hingga kerusakan ginjal akut. dan Tanda keracunan jengkol adalah nyeri perut, sulit kencing, kencing berdarah. Memasak jengkol tidak akan menghilangkan asam jengkolat. Apalagi makan jengkol mentah sebagai lalapan. Cara paling aman dengan merendam dan mencuci jengkol selama 4 hari agar asam jengkolatnya keluar semua , lalu di rebus 30 menit. Baru di olah jadi masakan. Bau jengkol berkurang, ginjal pun aman. Ada yang pernah ngerasain "jengkolen" ?? Boleh dong share pengalaman kalian . Sebarkan info ini ke temenmu pecinta jengkol ya! Jangan lupa bahagia. #bahayajengkol #jengkol #jengkollovers #jengkolbalado suara asli - Emasuperr - Ema Surya Pertiwi

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya