Bukan direbus pakai kopi atau rempah, begini cara basmi bau tak sedap pada jengkol pakai 1 bahan

Bukan direbus pakai kopi atau rempah, begini cara basmi bau tak sedap pada jengkol pakai 1 bahan
YouTube/Mulyani Pujianto Family

Brilio.net - Jengkol merupakan makanan yang sangat populer. Jenis polong-polongan satu ini kerap diolah dengan berbagai macam bumbu. Tekstur jengkol yang legit dan rasa manis pahitnya melebur, hasilnya nikmat saat disantap.

Di sisi lain, di balik kenikmatan jengkol, ada segudang nutrisi baik untuk tubuh. Dilansir dari andrafarm.com, jengkol memiliki kandungan protein, fosfor, kalsium, hingga vitamin C. Sejumlah nutrisi ini bisa mendukung sistem peredaran darah jadi lebih lancar, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, serta membantu menangkal radikal bebas. Karena kandungan gizinya tinggi, banyak orang mengonsumsi jengkol sebagai menu harian.

Walaupun begitu, tidak sedikit juga yang masih enggan mengonsumsi jengkol. Bukan tanpa sebab, jengkol memiliki bau yang kurang sedap dan sangat menyengat. Bau ini bahkan bisa menempel di mulut dalam waktu lama.

Untuk menghilangkan bau jengkol tersebut, sebagian orang biasanya akan menggunakan bubuk kopi. Jadi, jengkol direbus terlebih dahulu di air yang sudah dicampur dengan bubuk kopi. Aroma kopi yang kuat dipercaya mampu menghilangkan bau tak sedap dari jengkol.

Selain menggunakan bubuk kopi, ada juga yang memakai bahan lain, yakni rempah-rempah. Prosesnya pun tidak jauh berbeda, jengkol akan direbus bersama sejumlah rempah aromatik, seperti jahe, serai, daun salam, hingga daun jeruk. Nah, rempah-rempah ini dipercaya mampu mengurangi bau jengkol secara drastis.

Tapi tahu nggak sih, sebenarnya ada cara lain yang lebih simpel, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya