Bukan pakai pisau atau sendok, cara bersihkan sisik ikan gurame ini lebih aman dan cepat

Bukan pakai pisau atau sendok, cara bersihkan sisik ikan gurame ini lebih aman dan cepat
YouTube/Abdi Dharma Ngumbara

Brilio.net - Bagi banyak orang, mengolah ikan termasuk pekerjaan yang butuh teknik khusus. Terlebih jika ikan yang baru dibeli masih segar dan penuh sisik. Membersihkan sisik inilah yang jadi bagian paling sulit.

Pada umumnya, sisik ikan akan dibersihkan dengan cara dikeruk menggunakan pisau. Namun jika tidak hati-hati, pisaunya bisa melukai tangan, lho. Nggak cuma itu, sisik yang terkelupas juga bisa terlempar dan berpotensi menyayat kulit.

Apalagi jika jenis ikan yang diolah memiliki sisik besar, seperti ikan gurame. Semakin besar sisik, lebih berisiko melukai atau menggores tangan. Selain itu, kondisi sisik yang besar juga cenderung keras dan lebih sulit dibersihkan.

Alhasil, banyak orang kemudian memutar otak saat hendak membersihkan sisik ikan. Salah satunya ada yang memilih menggunakan sendok biasa untuk makan. Beberapa jenis ikan memang bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan sendok. Namun tetap saja, jika jenis ikannya bersisik besar seperti gurame, menggunakan sendok akan semakin sulit.

Tapi tak perlu khawatir, ada alternatif lain yang bisa diterapkan ketika hendak membersihkan sisik gurame. Seorang warganet bernama Abdi Dharma Ngumbara pernah mengunggah cara khusus membersihkan sisihkan ikan melalui channel YouTube pribadinya. Alih-alih menggunakan pisau atau sendok, pria tersebut justru menggunakan alat dapur lain yang lebih aman.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya