Jangan cuma diremas garam, begini cara ampuh menghilangkan rasa pahit pare pakai 2 bahan dapur

Jangan cuma diremas garam, begini cara ampuh menghilangkan rasa pahit pare pakai 2 bahan dapur
foto: TikTok/@trihartatiiii

Brilio.net - Pare atau bitter melon, dikenal dengan rasa pahitnya yang khas. Rasa pahit pada pare disebabkan oleh adanya senyawa kimia tertentu, seperti momordicin, charantin, dan goyaglycosides. Senyawa-senyawa ini memberikan rasa pahit yang kuat pada pare, sehingga membuatnya menjadi salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa paling kuat di antara sayuran lainnya.

Meskipun rasa pahit pare mungkin kurang disukai oleh sebagian orang, sayuran ini memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Pare mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, dan serat. Selain itu, pare juga diketahui memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Nah, jika kamu ingin mendapat manfaat pare namun kurang suka rasa pahitnya, ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit tersebut, lho. Salah satu cara yang paling umum adalah meremas pare dengan garam sampai berair. Usut punya usut, garam bisa membantu mengeluarkan getah penyebab rasa pahit pada pare.

Sayangnya dalam beberapa kasus, meremasnya dengan garam saja tidak benar-benar ampuh menghilangkan rasa pahitnya. Jika ingin lebih efektif, kamu bisa menggunakan metode yang dilakukan pengguna akun TikTok @trihartatiiii. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menerapkan metode lain supaya rasa pahitnya benar-benar berkurang atau bahkan hilang.

"Rasa pahit pare tuh bisa dihilangin hingga 80%, lho," ujar TikTok @trihartatiiii dikutip BrilioFood,Sabtu (13/4).

(brl/jad)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya