Jangan direndam air, begini cara aman menghemat tabung gas hanya dengan 2 alat

Jangan direndam air, begini cara aman menghemat tabung gas hanya dengan 2 alat
YouTube/Arie Wicaksono

Brilio.net - Tabung gas LPG (Liquefied Petroleum Gas) atau elpiji merupakan sumber bahan bakar untuk menyalakan api pada kompor gas. Api kompor yang berasal dari gas tabung elpiji ini akan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, terutama memasak. Saat ini, sebagian besar masyarakat bahkan mengandalkan gas elpiji untuk memasak dan mengerjakan berbagai keperluan dapur.

Ada berbagai macam tabung gas yang sering dipakai masyarakat Indonesia. Hal ini dilihat dari kapasitasnya, seperti tabung gas 7 kg, 12 kg, atau bahkan 3 kg. Dari banyak macam tersebut, biasanya masyarakat menggunakan tabung gas 3 kg dalam skala rumah tangga karena lebih murah.

Sayangnya, penggunaan tabung gas 3 kg ini terkadang juga bikin boros karena cepat habis dalam waktu singkat. Untuk menghemat pengeluaran rumah tangga, banyak orang kemudian memutar otak agar tabung gas tidak cepat habis. Bahkan ada yang langsung merendam tabung gas dalam air.

Merendam tabung gas dalam air dipercaya bisa mencegah gas jadi beku karena terlalu lama digunakan. Kondisi gas yang beku dianggap bikin boros penggunaan. Padahal melansir dari kominfo.go.id, PT Pertamina Patra Niaga menyebut cara merendam tabung gas dalam air tidak dianjurkan. Pasalnya tabung gas LPG yang dimasukkan dalam air dapat menyebabkan korosi.

Padahal tahu nggak sih, ada cara lain yang lebih aman untuk dilakukan jika ingin menghemat tabung gas. Seorang pengguna YouTube bernama Arie Wicaksono pernah membagikan trik mengandalkan tabung gas tanpa direndam. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan dua alat sederhana.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya