Konsumsi 10 sayuran ini secara rutin bisa jaga kulit lembap alami

25 / 05 / 2022 21:01 WIB Shahfara Raida
Konsumsi 10 sayuran ini secara rutin bisa jaga kulit lembap alami
foto: Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA

Brilio.net - Kondisi kulit sehat ditandai dengan bebas jerawat, tak kemerahan, serta tidak kering maupun mengelupas. Dilansir dari ozderm.com.au, kulit yang kering bisa menimbulkan rasa gatal, terkelupas, serta penuaan dini, lho. Makanya penting untuk tetap menjaga kelembapan kulit secara rutin, baik dari luar maupun dalam.

Dilansir dari webmd.com, cara merawat kulit tetap lembap dari luar bisa dengan mengurangi mandi dengan air hangat, pakai produk sabun dan kosmetik yang ringan buat kulit, menggunakan alat pelembap udara di ruangan saat cuaca dingin, juga menggunakan produk moisturizer yang cocok di kulit masing-masing.

Selain dari luar, penting juga untuk menjaganya dari dalam, nih. Buat menghindari kulit kering, dianjurkan mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak dan gula berlebih. Kamu pun bisa memperbanyak minum air putih dan asupan makanan sehat. Buat yang masih jarang makan sayur, mulai sekarang bisa dibiasakan, nih. Pasalnya, ada sejumlah sayur yang bisa jaga kulit lembap, lho.

Sayur di bawah ini bisa kamu jadikan pilihan menu sehari-hari. Berikut 10 sayuran yang bisa bantu jaga kulit lembap alami, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber, Rabu (25/5).

1. Tomat.

Sayuran jaga kulit lembap  berbagai sumber

foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich

Sudah bukan hal baru jika tomat sangat bermanfaat buat jaga kesehatan kulit. Dilansir dari food.ndtv.com, tomat ini tinggi kandungan vitamin C, likopen, dan antioksidan untuk kulit yang lebih fresh, lembut, lembap, dan awet muda. Buat dikonsumsi, kamu bisa memasak tomat terlebih dahulu karena nutrisinya akan jadi jauh lebih tinggi.

2. Wortel.

Sayuran jaga kulit lembap  berbagai sumber

foto: Pexels/THIS IS ZUN

Wortel memang secara umum dikenal baik buat mata. Siapa sangka, sayur satu ini juga berfungsi menyehatkan kulit, lho. Dilansir dari bebodywise.com, wortel dapat menutrisi kulit dengan potassium buat mencegah kulit kering. Selain itu, wortel juga dapat mengatasi infeksi dan inflamasi pada kulit, mencegah sinar UV, mengobati jerawat, mencegah penuaan, dan masih banyak lagi.

3. Ubi.

Sayuran jaga kulit lembap  berbagai sumber

foto: Pexels/Ela Haney

Selain enak dan bikin kenyang, ubi juga punya banyak manfaat buat kulit. Dilansir dari livelifegetactive.com, ubi punya vitamin C, A, dan E yang membantu kulit memproduksi kolagen yang cukup biar tetap lembap. Selain itu, ubi ini ampuh banget menjaga kulit tetap awet muda dan glowing, lho.

4. Swiss chard.

Sayuran jaga kulit lembap  berbagai sumber

foto: Pexels/Maria Verkhoturtseva

Tak banyak yang tahu, kalau sayur hijau dengan batang berwarna merah ini juga bagus buat kulit. Dilansir dari sunwarrior.com, Swiss chard punya banyak sekali vitamin dan antioksidan. Sebut saja vitamin A, B, C, E, dan K yang nggak hanya bikin kulit lembap, tapi juga merawatnya tetap awet muda bebas kerutan. Antioksidan pada sayur ini juga dapat mencegah radikal bebas pada kulit.

5. Bayam.

Sayuran jaga kulit lembap  berbagai sumber

foto: Pexels/Eva Elijas

Siapa sih yang nggak suka bayam? Mengonsumsi bayam juga terbukti aman dan bermanfaat buat kulitmu, lho. Sebab, dilansir dari pinkvilla.com, bayam kaya vitamin K, asam folat, dan mineral. Fungsi semua kandungan tersebut bisa mengurangi jerawat, mengurangi noda hitam, mencerahkan kulit, dan melembapkan kulit.

6. Selada.

Sayuran jaga kulit lembap  berbagai sumber

foto: Pexels/Kai Pilger

Selada biasa hadir pada salad maupun lalapan di sejumlah hidangan. Jangan diabaikan, karena nutrisi dimiliki sayur satu ini juga nggak kalah ampuh melembapkan kulit. Dilansir dari harleymedicalnco.uk, selada punya potassium buat bantu salurkan oksigen lebih banyak pada kulit. Sehingga, kulit bisa jadi lebih cerah, lembap, dan sehat.

7. Paprika.

Sayuran jaga kulit lembap  berbagai sumber

foto: Pexels/Sarah Chai

Siapa yang senang makan paprika? Kulitmu bisa selalu dalam kondisi sehat kalau sering makan sayur satu ini, lho. Dilansir dari healthshots.com, paprika mengandung banyak vitamin A yang bisa membantu produksi kolagen lebih banyak pada kulit. Kalau kolagen pada kulit tercukupi, bisa cegah munculnya jerawat dan kulit kering, lho.

8. Asparagus.

Sayuran jaga kulit lembap  berbagai sumber

foto: Pexels/Foodie Factor

Asparagus juga punya sejumlah nutrisi buat kulit, nih, yakni vitamin B12 dan asam folat. Dilansir dari hawaiibluemedicalaesthetics.com, asparagus ini dapat mendukung produksi kolagen, mencegah hiperpegmentasi kulit, menjaga kulit dari racun, melembapkan, dan mencegah munculnya kerutan pada kulit.

9. Kol.

Sayuran jaga kulit lembap  berbagai sumber

foto: Pexels/RODNAE Productions

Semua jenis kol baik hijau, ungu, savoy, dan lain-lain juga baik untuk kulit, lho. Dilansir dari onlymyhealth.com, rutin konsumsi sayur kol dapat mencerahkan warna kulit, bikin kulit glowing, kenyal, mengatasi kerutan, dan menjaga kulit selalu lembap. Hal ini dikarenakan kol mengandung antioksidan beta karoten serta vitamin C.

10. Brokoli.

Sayuran jaga kulit lembap  berbagai sumber

foto: Pexels/Pixabay

Konsumsi brokoli secara rutin juga ampuh jaga kelembapan kulit, lho. Dilansir dari healthline.com, brokoli punya nutrisi mulai dari zink, vitamin A, vitamin C, hingga lutein. Semua manfaat ini dapat cegah kerusakan oksidatif pada kulit. Sebab, kerusakan ini bisa bikin kulit mudah kering dan kerutan bermunculan secara perlahan.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Ayam Tangkap

  • Ayam Goreng Serai

    Ayam Goreng Serai

  • Karedok

    Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

Review

Selengkapnya