Modal tepung terigu, ini trik agar pisang goreng renyah tahan lama dan tak alot tanpa baking soda

Modal tepung terigu, ini trik agar pisang goreng renyah tahan lama dan tak alot tanpa baking soda
YouTube/Mimi Kynan

Brilio.net - Siapa sih yang nggak suka pisang goreng? Camilan satu ini selalu bisa bikin nagih. Bagaimana tidak, rasa manis pisang dipadu dengan renyahnya adonan pelapis bikin pisang goreng jadi gorengan favorit banyak orang.

Sekilas, membuat pisang goreng memang mudah. Kamu tinggal membuat adonan pelapisnya dari tepung. Lalu membaluri pisang dengan adonan tersebut sebelum akhirnya digoreng dalam minyak panas.

Walau sederhana, tapi ternyata banyak orang yang mengaku gagal saat membuat pisang goreng ini. Hasil pisang biasanya langsung lembek saat dingin. Atau bahkan justru alot karena adonan tepung yang kurang pas.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebagian orang biasanya akan menggunakan bahan tambahan, seperti baking soda. Bahan satu ini dianggap bisa merenyahkan tekstur adonan pelapis pisang goreng. Selain itu, tekstur renyahnya juga bisa tahan lama.

Selain menggunakan baking soda, ada juga yang menggunakan berbagai macam tepung. Misalnya dengan mencampur tepung terigu (sebagai bahan dasar) dengan tepung tapioka, maizena, hingga tepung beras. Pencampuran tepung ini bisa bikin tekstur adonan jadi nggak alot.

Padahal sebenarnya kamu bisa membuat pisang goreng renyah hanya dengan tepung terigu saja, lho. Seorang warganet bernama Mimi Kynan pernah membagikan trik agar pisang goreng makin renyan melalui salah satu video YouTube Shorts yang diunggah. Hanya bermodal tepung terigu, dia bisa bikin pisang goreng jadi renyah tahan lama dan antialot.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya