Nggak cuma ditambah garam, ini cara merebus telur agar mudah dikupas cuma tambah 1 bahan makanan

Nggak cuma ditambah garam, ini cara merebus telur agar mudah dikupas cuma tambah 1 bahan makanan
Instagram/@melizah21

Brilio.net - Telur merupakan salah satu bahan makanan yang tinggi protein. Dilansir dari healthline.com, kalau dikonsumsi secara rutin, kandungan di dalam telur bisa menguatkan tulang dan gigi, menjaga fungsi otak, hingga menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, sangat disayangkan kalau telur dilewatkan begitu saja.

Telur rebus nggak cuma bisa dikonsumsi langsung, namun bisa dimasak jadi berbagai hidangan lezat dan menggugah selera. Seperti dimasak dengan bumbu balado, dijadikan topping gado-gado, dicampur ke dalam salad, atau paling sederhana yaitu tinggal direbus saja.

Cara membuat telur rebus juga terbilang mudah. Tinggal masukkan telur ke dalam air mendidih. Lalu rebus sesuai tingkat kematangan yang diinginkan. Sayangnya, mengupas telur rebus justru jadi PR tersendiri lantaran cangkang telur rebus susah untuk dikupas. Alhasil tampilan putih telur jadi rusak alias tidak mulus.

Sebagai solusinya, sejumlah orang sengaja menambahkan garam ke dalam air rebusan telur. Penambahan bumbu dapur ini berfungsi untuk menaikkan titik didih air rebusan sehingga telur akan cepat dan matang sempurna, sehingga cangkangnya mudah untuk dikupas.

Tapi nggak cukup pakai garam saja, ternyata ada bahan lainnya yang juga bisa ditambahkan saat merebus telur. Sebagaimana ditunjukkan oleh pengguna Instagram @melizah21 ini. Di unggahan videonya, tampak ia menambahkan garam dan satu bahan makanan lainnya ke dalam air rebusan telur. Penasaran bagaimana caranya?

(brl/psa)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya