Nggak pakai tepung, ini cara pedagang kaki lima bikin racikan telur pelapis sempol

Nggak pakai tepung, ini cara pedagang kaki lima bikin racikan telur pelapis sempol
YouTube/ARDIE PANDA

Brilio.net - Ada banyak pedagang sempol di pinggir jalan. Jajanan yang terbuat dari daging ayam dan tepung ini memang dikenal lezat dan memiliki banyak peminat. Sehingga tak heran sempol kerap dijadikan sebagai ide jualan yang laris manis.

Walaupun begitu, tidak sedikit juga yang justru memilih untuk membuat sempol sendiri di rumah. Untuk membuat sempol, biasanya ada dua adonan yang harus disiapkan. Pertama, adonan yang terbuat dari daging ayam dan tepung untuk bahan utamanya. Kedua, ada adonan pelapis yang terbuat dari kocokan telur.

Nah, adonan sempol yang sudah dicetak di tusukan sate biasanya akan dilapisi dengan telur sebelum digoreng. Penggunaan telur ini dapat membuat tekstur sempol jadi semakin renyah. Namun selain menambah tekstur sempol, lapisan telur ini juga bisa membuat sempol jadi semakin gurih dan enak, lho.

Oleh karena itu, kamu nggak bisa sembarangan dalam meracik bahan pelapis ini. Karena meskipun tampak sepele, namun racikan telur ini bisa memengaruhi cita rasa sempol secara keseluruhan ketika hendak disajikan. Pastikan, racikan telur untuk bahan pelapis nggak hambar, ya.

Berbicara soal pelapis kudapan ini, seorang pedagang sempol bernama Ardie pun membeberkan rahasia racikan telur. Racikan telur untuk pelapis sempol ini bisa membuat camilan satu ini semakin enak, gurih, dan renyah saat disantap, lho. Melalui channel YouTube/ARDIE PANDA, dia menjelaskan dengan detail resep racikan lapisan sempol tersebut.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya