Pakai 1 bumbu dapur, ini trik masak pepes ikan agar tidak mudah hancur dan tulang lunak tanpa presto

Pakai 1 bumbu dapur, ini trik masak pepes ikan agar tidak mudah hancur dan tulang lunak tanpa presto
Instagram/@sessykitchen ; Instagram/@mattan_chai

Brilio.net - Ada banyak jenis lauk tinggi protein untuk disajikan setiap harinya. Salah satunya adalah ikan. Dilansir dari doh.wa.gov, selain mengandung protein, ikan juga kaya kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, potassium, dan nutrisi lainnya.

Hidangan ini juga akan jauh lebih sehat kalau dimasak tanpa teknik goreng, lho. Kamu bisa memilih hidangan berbahan ikan tanpa digoreng, seperti sup, dibakar, sampai dibikin pepes.

Nah, pepes ikan tampaknya jadi primadona di kalangan penggemar kuliner khas Nusantara. Rasa gurih dan wangi dari bumbu-bumbu pepes memang paling enak disantap pakai nasi hangat.

Tetapi, banyak orang menghindari olahan pepes ikan karena dianggap duri atau tulangnya cukup banyak. Bikin momen makan jadi kurang nikmat. Alhasil, alih-alih pakai ikan berduri, banyak orang memilih mengolah pepes berbahan ayam, tahu, atau ikan fillet tanpa tulang.

Padahal kalau tahu trik mengolahnya, pepes ikan bisa dibuat agar tulangnya lunak, lho. Biasanya agar tulang ikan pepes jadi lunak, kamu bisa memasaknya menggunakan panci presto. Namun, tak semua orang memiliki alat masak tersebut.

Buat kamu yang nggak punya panci presto, jangan khawatir, karena masih ada satu trik lagi untuk bikin pepes ikan supaya tulangnya lunak.

Ada satu unggahan seputar mengolah pepes ikan dari YouTube ENDT COOK yang bisa kamu tiru, nih. Warganet yang akrab disapa Lienda ini memperlihatkan trik bikin pepes dari ikan mas. Ikan mas terkenal punya tulang melimpah, lho.

Namun dengan trik yang dibagikan pengguna YouTube tersebut, selain tulangnya jadi lunak, hasil daging ikannya nanti juga tak mudah hancur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya