Pakai bahan lokal, ini 5 cara membuat saus jamur ala rumahan

20 / 09 / 2022 11:01 WIB Shahfara Raida
Pakai bahan lokal, ini 5 cara membuat saus jamur ala rumahan
foto: TikTok/@mardefff

Brilio.net - Mushroom sauce atau dikenal pula dengan sebutan saus jamur banyak digunakan sebagai pelengkap makanan-makanan western dan modern lainnya. Penyajian saus jamur sebagai pelengkap ini membuat rasa makanan jadi lebih gurih dan sedap. Cara penyajiannya bisa langsung dituangkan ke makanan atau sebagai cocolan.

Saus jamur kerap disajikan bersama steak, roti panggang, pasta, ayam goreng, ikan panggang, dan lain-lain. Biasanya, saus jamur banyak dihidangan di restoran, kafe, maupun kedai kekinian. Di sisi lain, saus jamur juga banyak dijual di pasaran dalam bentuk instan, lho.

Meski begitu, tak sedikit yang merasa kurang cocok dengan saus jamur instan. Nggak perlu khawatir, karena saus jamur ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan menyesuaikan selera. Dengan membuat saus jamur sendiri, kamu pun bisa menghindari penggunaan bahan pengawet.

Nggak melulu pakai bahan impor, saus jamur juga bisa dibuat dengan bahan-bahan lokal, lho. Salah seorang warga TikTok bernama Maria Defi punya resep saus jamur yang cara membuatnya praktis. Bahan-bahan yang digunakan pun lebih sederhana dengan bahan-bahan lokal yang mudah ditemukan.

"Aku baru aja bikin mushroom sauce versi melokal bahan-bahannya terus juga simpel, dan langsung aku jadikan stok masukin ke dalam jar gitu," ujar TikTok/@mardefff.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut lima cara membuat saus jamur ala rumahan yang pakai bahan lokal, dilansir BrilioFood dari TikTok/@mardefff, Selasa (20/9).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya