Tak banyak diketahui, ini teknik simpel mengaduk krim tanpa mixer

Tak banyak diketahui, ini teknik simpel mengaduk krim tanpa mixer
foto: TikTok/@chefstellaa

Brilio.net - Mixer memang umum jadi alat andalan dalam pembuatan kue. Pasalnya, mengaduk maupun menguleni adonan kue dalam porsi cukup besar akan menghabiskan tenaga jika tanpa bantuan mixer. Nggak hanya adonan kue, krimnya pun terkadang harus diaduk dengan mixer agar hasilnya mengembang.

Dilansir dari exploratorium.edu, krim termasuk salah satu komponen penting pada kue karena bisa meningkatkan kualitas teksturnya. Dengan menggunakan tambahan krim, kue jadi semakin lembut dan nikmat. Makanya, krim harus diaduk dengan tepat agar hasilnya sempurna.

Bagi sejumlah orang, membuat krim kue ini rasanya begitu rumit. Apalagi, jika membuat kue dalam porsi kecil, menggunakan mixer nampaknya sedikit lebih ribet. Selain bikin cucian alat dapur semakin banyak, pakai mixer hanya untuk krim dalam porsi sedikit juga bikin kamu boros listrik, lho.

Nah, rupanya untuk mengaduk krim kue dalam porsi kecil, kamu nggak harus pakai mixer, lho. Ada teknik yang simpel untuk membuat krim tanpa mixer. Meskipun begitu, hasilnya tetap lembut dan mengembang sempurna. Sebuah akun TikTok bernama @chefstellaa, membagikan teknik simpelnya dalam mengaduk krim tanpa bantuan mixer yang cepat dan mudah ditiru.

Dilansir BrilioFood pada Senin (25/7), pemilik akun TikTok bernama Stella Permata tersebut bahkan nggak membutuhkan mangkuk, mixer, whisk, atau garpu, lho. Dalam video tersebut, ia hanya menggunakan toples atau jar kecil yang dilengkapi dengan tutupnya. Menurutnya, penting untuk menggunakan toples yang sudah dalam keadaan bersih dan kering biar nantinya krim berhasil mengembang.

Tak banyak diketahui, ini teknik simpel mengaduk krim tanpa mixer

foto: TikTok/@chefstellaa

Setelah menyiapkan jar atau toples, Stella menuangkan krim yang gunakan untuk membuat kue. Tak perlu sampai penuh, karena nantinya krim akan sulit mengembang jika tak ada ruang yang cukup di dalamnya. Sebelumnya, seleb TikTok tersebut juga memastikan krim yang digunakan dalam keadaan dingin agar krim mudah lebih mengembang.

Jika jar atau toples sudah terisi dengan krim, kemudian tutup rapat dan kocok krim tersebut dengan cara mengoncangkan jar atau toples beberapa saat sampai dirasa krim sudah nggak cair lagi. Langkah ini jadi bagian terpenting, lantaran bisa dibilang seperti menggantikan peran mixer dan whisk.

Tak banyak diketahui, ini teknik simpel mengaduk krim tanpa mixer

foto: TikTok/@chefstellaa

Tanpa perlu dikocok dengan bantuan alat, krim dalam jar atau toples yang digoncangkan dalam waktu singkat tersebut berubah lebih mengembang. Tak hanya itu, teksturnya juga berubah jadi lebih lembut layaknya menggunakan mixer atau whisk. Krim yang dibuat dalam teknik sederhana ini siap digunakan kapan saja sebagai isian atau topping pada kue buatanmu.

Tak banyak diketahui, ini teknik simpel mengaduk krim tanpa mixer

foto: TikTok/@chefstellaa

Saat ingin digunakan, krim tersebut hanya perlu diambil dengan sendok. Teknik satu ini cocok diterapkan buat anak kosan yang minim peralatan dapur saat ingin membuat kue. Bisa juga digunakan buat kamu yang nggak mau ribet banyak cucian di rumah setelah membuat kue. Apalagi saat membuat kue atau krim untuk porsi sedikit.

Video yang pertama kali diunggah pada 29 Mei 2022 tersebut berhasil mendapat perhatian para pengguna TikTok lainnya. Banyak warganet yang mengucapkan terima kasih, lantaran sudah mendapatkan ilmu baru dalam urusan memasak. Hingga kini, video milik Stella Permata tersebut sudah ditonton ratusan ribu kali dan mendapat ratusan likes.

@chefstellaa Ngaduk cream gk pakai mixer #recipes #tiktokindonesia #anekakue original sound - chefstellaa

"Makasii cheff," tulis TikTok/@baiqunnn di kolom komentar.

"Thank you chef," ujar TikTok/@harsey290.

"Aq udah liat ini di komik tahun 97an, seneng deh lihat begini..." jelas TikTok/@sultan frozen food banjarmasin.

"Omg aku baru tauu thanks," tukas TikTok/@malini.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Jalan Makan Silo, Makan Steak lumer di Mulut di Resto Bernuansa Jepang

  • Jalan Makan Bopet Mini, warna warni nasi padang hits Benhil Jakarta

    Jalan Makan Bopet Mini, warna warni nasi padang hits Benhil Jakarta

  • Jalan Makan This or That, greek donat terenak di Indonesia jatuh kepada?

    Jalan Makan This or That, greek donat terenak di Indonesia jatuh kepada?

  • Berawal dari hobi kini menjalar menjadi bisnis, inilah Behind The Kitchen Mie Gendut

    Berawal dari hobi kini menjalar menjadi bisnis, inilah Behind The Kitchen Mie Gendut

Review

Selengkapnya