Tak banyak yang tahu, ini trik bikin sambal seblak agar tak mudah basi

Tak banyak yang tahu, ini trik bikin sambal seblak agar tak mudah basi
Pastikan gunakan wadah tertutup untuk menyimpan sambal seblak. |

Trik tersebut dibagikan oleh pengguna YouTube dengan channel bernama Seblak Barbie official. Lewat salah satu video unggahannya, pemilik channel tersebut membagikan resep serta trik membuat sambal seblak agar tak mudah basi. Sambal buatannya pun bisa tahan lama meski tak dimasukkan ke dalam kulkas, lho.

"Tips/cara agar sambal seblak awet tahan lama dan tidak mudah basi," tulisnya dalam judul video, dilansir BrilioFood pada Rabu (30/11).

Untuk membuat sambal seblak, gunakan bahan-bahan yang berkualitas baik. Bukan tanpa alasan, pemilihan bahan dasar inilah yang akan menentukan kualitas sambal seblak nantinya. Pilih cabai jenis japlak yang sudah benar-benar kering dan tidak busuk. Kemudian cuci cabai di bawah air mengalir sampai benar-benar bersih. Gunakan alat bantu seperti serok agar tangan tak terasa panas nantinya.

Tak banyak yang tahu, ini trik bikin sambal seblak agar tak mudah basi

foto: YouTube/Seblak Barbie official

Cuci cabai hingga benar-benar bersih dari debu serta kotoran yang menempel. Kemudian pindahkan cabai ke dalam panci, lalu tambahkan air hingga seluruh cabai terendam dengan sempurna. Rebus cabai dengan menggunakan api sedang cenderung kecil.

Tak banyak yang tahu, ini trik bikin sambal seblak agar tak mudah basi

foto: YouTube/Seblak Barbie official

Tutup panci lalu masak hingga cabai empuk. Agar matangnya merata, kamu bisa sesekali mengaduk cabai yang sedang direbus. Meskipun air sudah mendidih, hal itu bukan menjadi patokan bahwa cabai sudah matang. Cabai yang matang bisa ditandai dari warnanya yang sudah menghitam dan bertekstur empuk.

Setelah cabai matang, jangan langsung diangkat. Tapi buka tutup panci, dan diamkan selama empat jam. Selain untuk menghilangkan uap panasnya, proses ini juga bertujuan agar cabai menjadi lebih lembek, cita rasanya lebih pedas, serta menghasilkan warna yang lebih merah.

Apabila sudah didiamkan selama empat jam, cabai bisa langsung dihaluskan dengan menambahkan air rebusan tersebut. Kamu bisa atur kekentalan sambal seblak sesuai selera. Jika sudah halus, masukkan sambal seblak ke dalam wadah kedap udara. Sambal yang sudah disimpan dalam wadah kedap udara pun bisa diletakkan di kulkas maupun tidak.

Tak banyak yang tahu, ini trik bikin sambal seblak agar tak mudah basi

foto: YouTube/Seblak Barbie official

"Disimpan ke dalam kulkas juga bisa dan tidak di kulkas pun ini bisa awet ya, asalkan ditutup rapat," ujarnya.

Video milik YouTube/Seblak Barbie official ini pun sontak menuai perhatian dari warganet. Hal ini dibuktikan dengan jumlah penonton yang mencapai 165 ribu kali. Kolom komentarnya pun dipenuhi berbagai tanggapan dari pengguna YouTube lainnya.

"Terima kasih infonya buk sungguh baik dri awal aku tengok channel2 ibu ttg seblak MasyaAllah menjelaskan dgn detail dan sgt bermanfaat, sekali lagi terimakasih buk semoga makin sukses," tulis akun YouTube/Muhammad Sukron.

"Terimakasih ilmunya. Pas banget tipsnya disaat harga cabe melejit.. aku jual seblak & ceker mercon tapi tiap cabe naik jadi nggak jualan, Karna pakai full cabe segar," ujar akun YouTube/Syifa Hasanah Maryati.

"Terimakasih resepnya,sangat bermanfaat," sahut akun YouTube/Diah Dee.

"Trima kasih teh ilmu y, sangat brmanfaat. Tp saya mau nanya Ini langsung aj ya teh cabe y direbus lalu d haluskan berarti GK d goreng LG sambal y??" tulis akun YouTube/Laura Septi.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya