Tak banyak yang tahu, ini trik simpan tepung terigu agar tidak apek

Tak banyak yang tahu, ini trik simpan tepung terigu agar tidak apek
Freepik.com

Brilio.net - Tepung terigu jadi salah satu bahan untuk membuat aneka hidangan, mulai dari camilan hingga makananberat. Tepung terigu terdiri dari tiga jenis, yaitu tepung terigu protein rendah, terigu protein sedang (serbaguna), dan terigu protein tinggi. Masing-masing terigu memiliki kadar protein yang berbeda yang memengaruhi hasil akhir suatu makanan.

Tepung terigu bisa diolah menjadi aneka macam hidangan. Mulai dari digoreng, bercita rasa manis, kering, hingga basah. Karena memiliki banyak manfaat, tak salah apabila sebagian orang sengaja membeli tepung terigu dalam jumlah banyak agar bisa dijadikan stok di rumah.

Kendati bisa disimpan untuk stok, namun tepung terigu juga memiliki umur simpan atau tanggal kadaluwarsa. Tepung terigu yang belum dibuka kemasannya, umumnya memiliki umur simpan lebih dari 1 tahun. Apabila kemasan sudah dibuka, tepung terigu bisa bertahan sekitar 6 sampai 9 bulan. Namun, hal itu berlaku jika tepung terigu disimpan dengan cara yang benar.

Sayangnya, jika tidak mengetahui cara menyimpantepung terigu dengan cara yang benar, lama-kelamaan akan mengeluarkan bau apek dan berwarna kekuningan. Jika tepung terigu sudah apek, tidak bisa digunakan. Tak jarang akhirnya tepung terigu dibuang dengan percuma.

Oleh sebab itu, kamu bisa meniru apa yang dilakukan salah seorang warganet yang sekaligus berprofesi sebagai chef. Melalui video yang dia unggah di YouTube/Rudy dan Sahabat TV, apabila tepung terigu disimpan dengan benar, tidak akan mudah bau apek dan berubah warna.

“Tips awet menyimpan terigu,” tulisnya.

Tak banyak yang tahu, ini trik simpan tepung terigu agar tidak apek

foto: Youtube/Rudy dan Sahabat TV

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya