Tak dioles pasta gigi dan lilin, ini trik hilangkan kerak gosong hitam di setrika pakai 1 bahan dapur

Tak dioles pasta gigi dan lilin, ini trik hilangkan kerak gosong hitam di setrika pakai 1 bahan dapur
TikTok/@alinahusnaandhara

Brilio.net - Bagian bawah setrika seperti plat besi, digunakan untuk menyetrika lipatan dan kain agar tampak rapi dan halus. Karena fungsinya yang penting untuk merapikan pakaian, setrika jadi salah satu perabot yang sangat penting dalam rumah tangga. Lantas dengan perawatan yang tepat, setrika dapat bertahan lama dan menjadi alat yang sangat berguna dalam menjaga pakaian serta kain tetap terlihat rapi sekaligus bersih.

Sayangnya, banyak orang terkadang menggunakan setrika dengan sembrono. Dalam beberapa kasus, suhu panas yang digunakan untuk merapikan pakaian justru tidak stabil. Alhasil, setrika jadi lengket ke pakaian dan meninggalkan bekas gosong. Jika terpapar panas terus menerus, noda gosong ini bisa berubah jadi kerak menghitam, lho.

Padahal kondisi setrika yang berkerak gosong ini tentu akan sulit digunakan. Bukan tanpa sebab, noda gosong tersebut berpotensi membuat kain yang disetrika justru jadi kusut. Nggak cuma itu, kerak gosongnya juga berpotensi menempel di permukaan kain, sehingga membuatnya semakin rusak.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kerak gosong hitam di setrika ini tentu harus dihilangkan. Salah satu metode yang sering digunakan adalah dengan mengolesi pasta gigi atau lilin pada kerak tersebut. Usut punya usut, pasta gigi dan lilin bisa membantu merontokkan kerak gosong yang menghitam di setrika.

Namun selain kedua bahan tersebut, sebenarnya ada bahan lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan kerak gosong hitam di setrika. Bahan ini pernah digunakan oleh akun TikTok @alinahusnaandhara. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan sederhana yang ada di dapur. Nah, bahan ini nggak kalah ampuh dibandingkan pasta gigi dan lilin untuk menghilangkan kerak gosong hitam di setrika.

Tak dioles pasta gigi dan lilin, ini trik hilangkan kerak gosong hitam di setrika pakai 1 bahan dapur

foto: TikTok/@alinahusnaandhara

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya