Tak perlu bumbu dapur, ini trik melebatkan tanaman daun salam agar semakin rimbun dan lebar

Tak perlu bumbu dapur, ini trik melebatkan tanaman daun salam agar semakin rimbun dan lebar
YouTube/Inisamoke Family

Brilio.net - Daun salam sering digunakan sebagai bumbu dapur, terutama pada masakan khas Nusantara. Daun salam dianggap bisa menambah aroma wangi pada masakan, misalnya pada nasi liwet, nasi kuning, bubur, rebusan daging, gulai, dan masih banyak lagi.

Saking bermanfaatnya daun salam buat masakan, banyak orang memilih menyimpannya dalam jumlah cukup banyak buat jadi stok. Sayangnya, jika caranya kurang tepat, stok daun salam justru mengering dan tak wangi lagi, lho. Bahkan ada yang mendapati stok daun salamnya membusuk sebelum dipakai.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencoba menanam sendiri tanaman daun salam di rumah. Apalagi tanaman daun salam bisa ditanam di lahan yang sempit seperti pot atau polybag. Tinggal siram secara rutin, tanaman daun salam akan tumbuh dengan sendirinya.

Namun agar hasil daunnya lebih rimbun, sejumlah orang sengaja memberi tanaman daun salam dengan pupuk. Nggak melulu bahan kimia, pupuk yang digunakan pun bisa berasal dari bumbu dapur, yakni garam dan micin. Kedua bumbu dapur ini mengandung nitrogen yang bisa menunjang pertumbuhan tanaman. Dengan begitu, tanaman daun salam akan tumbuh subur dan berdaun lebat.

Tapi kalau nggak mau stok bumbu dapurmu digunakan untuk pupuk, kamu bisa meniru apa yang dilakukan pengguna YouTube Inisamoke Family. Di unggahan videonya, warganet satu ini mengaku punya cara tersendiri untuk merawat tanaman daun salamnya. Meski tanpa memberi pupuk bumbu dapur, tanaman daun salamnya berhasil tumbuh subur dan berdaun lebat, lho.

Penasaran bagaimana caranya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya