Tanpa oven atau dijemur, ini trik mengeringkan daun salam supaya tetap hijau dan awet wangi

Tanpa oven atau dijemur, ini trik mengeringkan daun salam supaya tetap hijau dan awet wangi
foto: YouTube/Natlicious Food

Brilio.net - Daun salam banyak digunakan sebagai bumbu dapur, terutama saat membuat hidangan khas Nusantara. Fungsi daun salam yang dicampurkan ke dalam masakan sudah pasti membuat aromanya lebih wangi, misalnya buat masak sayur santan, oseng-oseng, nasi liwet, bubur, daging, dan lain-lain.

Dilansir dari revoloon.com, daun salam punya kandungan linalool yang bisa menghasilkan aroma nikmat. Usut punya usut, linalool ini juga terdapat pada jenis tumbuhan lain seperti mint dan lavender, lho. Wah, nggak heran kalau aroma masakan yang ditambahkan daun salam auto bikin lapar seketika, kan?

Saking bermanfaatnya daun salam buat masakan, banyak orang memilih menyimpannya dalam jumlah cukup banyak buat jadi stok bahan masakan di rumah. Tetapi, masih banyak yang belum tahu cara menyimpannya nih, sehingga daun salam kerap mengering dan tak wangi lagi ataupun berubah wujud jadi busuk.

Nah, biar daun salam bisa awet wangi dan bisa disimpan dalam waktu lama, salah seorang warganet bernama Natali punya cara mengeringkannya, nih. Bukan hanya awet, tapi cara ini juga disebut-sebut nggak akan bikin daun salam berubah jadi cokelat, melainkan tetap hijau, sehingga akan tetap cantik jika dicampurkan ke dalam masakan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya