Tak perlu cabai atau cuka, ini cara ampuh mengusir kutu beras cuma pakai 3 bumbu dapur

Tak perlu cabai atau cuka, ini cara ampuh mengusir kutu beras cuma pakai 3 bumbu dapur
foto: TikTok/@adleiv

Brilio.net - Bagi masyarakat Indonesia, beras sudah menjadi makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Hal ini membuat beras seringkali disimpan dalam jumlah banyak sebagai stok. Selain lebih praktis digunakan, membeli beras dalam jumlah banyak juga dianggap lebih ekonomis. Bagaimana tidak, harga beras per kilogram umumnya memang lebih mahal.

Namun menyimpan beras dalam jumlah banyak juga memiliki risiko. Salah satunya adalah rentan terserang kutu. Yup! Kutu beras kerap jadi masalah yang mengintai sejumlah orang ketika menyimpan beras dalam jumlah banyak.

Pada dasarnya, kutu beras ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya tempat penyimpanan beras yang lembap dan kebersihan beras yang dibeli. Padahal beras yang terserang kutu seringkali dianggap tak layak konsumsi, sehingga dibuang begitu saja.

Namun alih-alih membuangnya langsung, sebenarnya beras ini bisa dibersihkan kembali, lho. Beberapa orang biasanya akan mengusir kutu beras dengan cara meletakkan cabai kering atau wadah berisi cuka ke dalam tempat penyimpanan beras. Pasalnya, aroma dari cabai dan cuka dinilai dapat membuat kutu pergi dengan sendirinya.

Tapi selain dengan kedua bahan tersebut, ada bahan lain yang nggak kalah ampuh dalam mengusir kutu beras, lho. Bahan ini pernah digunakan oleh pengguna TikTok @adleiv. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tiga bumbu dapur yang dipakai bisa mengusir kutu beras dengan cepat.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya