Tak perlu dibongkar, ini trik mengatasi karet pintu kulkas yang kaku dan bengkok agar kembali rapat

Tak perlu dibongkar, ini trik mengatasi karet pintu kulkas yang kaku dan bengkok agar kembali rapat
foto: TikTok/@abdtek79

Brilio.net - Karet pintu kulkas, juga dikenal sebagai sealer pintu atau gasket, adalah bagian penting dari kulkas yang seringkali terlupakan namun memiliki peran sangat vital. Karet pintu ini terletak di sekeliling pinggiran pintu kulkas dan berfungsi untuk menyegel pintu secara rapat saat tertutup, sehingga mencegah udara hangat dari masuk dan udara dingin dari keluar. Hal ini membantu menjaga suhu di dalam kulkas tetap stabil, sehingga makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya tetap segar lebih lama.

Selain berfungsi sebagai penyegel, karet pintu kulkas juga membantu mengurangi konsumsi energi kulkas. Dengan penyegelan yang baik, kulkas dapat bekerja lebih efisien karena tidak perlu bekerja keras untuk menjaga suhu di dalamnya tetap stabil. Ini dapat menghemat biaya energi dan juga membantu menjaga kulkas lebih awet dan tahan lama.

Namun seiring penggunaan, kelenturan karet kulkas ini bisa menurun, lho. Hal ini biasanya ditandai dengan bentuk karet yang mulai kaku. Bahkan dalam beberapa kasus, karet kulkas yang semula lurus, bisa jadi bengkok dan tak rapat. Jika dibiarkan begitu saja, konsumsi energi kulkas bisa lebih banyak alias bikin boros listrik.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sejumlah orang biasanya akan melepas karet kulkas dan menggantinya dengan yang baru. Namun alih-alih beli baru, kamu bisa menerapkan trik sederhana dalam mengatasi karet pintu kulkas yang kaku dan bengkok agar kembali rapat. Seorang pengguna TikTok @abdtek79 pernah membeberkan lebih lanjut tentang trik tersebut melalui salah satu video yang diunggah.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya