Tak perlu dicairkan dulu, begini trik aman membersihkan bunga es di freezer pakai 1 alat dapur

Tak perlu dicairkan dulu, begini trik aman membersihkan bunga es di freezer pakai 1 alat dapur
YouTube/Love IceBerg

Brilio.net - Fenomena bunga es di dalam freezer sudah menjadi hal yang lumrah. Freezer kulkas pada dasarnya mengandung uap air. Nah, saat uap air tersebut bertemu dengan suhu freezer yang rendah, maka muncullah bunga es di setiap sisinya.

Walau bisa menurunkan suhu di dalam freezer, bunga es juga menjadi permasalahan yang cukup menyebalkan, lho. Terlebih jika jumlahnya banyak dan menumpuk. Jika freezer tidak dibersihkan secara rutin, bunga es ini bisa menebal dan bahkan menimbun bahan makanan yang disimpan di dalamnya. Nggak cuma itu, bunga es yang menumpuk juga bikin pintu freezer jadi sulit ditutup rapat.

Oleh sebab itu, penting untuk membersihkan bunga es secara berkala. Sebagian besar orang biasanya akan membiarkan bunga es mencair agar lebih mudah dibersihkan dan nggak merusak kulkas. Hal ini bisa dilakukan dengan mencabut daya listrik kulkas lalu bunga es dibiarkan sampai mencair.

Selain mencabut daya listrik, ada juga yang menggunakan air hangat. Jadi, bunga es di dalam freezer akan disiram dengan air hangat agar cepat mencair. Walau ampuh, namun cara ini harus dilakukan dengan hati-hari supaya air hangatnya tidak mengenai mesin lain di kulkas.

Supaya lebih aman, kamu bisa mengikuti sebuah trik sederhana yang dibagikan oleh pengguna YouTube Love IceBerg. Melalui salah satu video YouTube Shorts yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu alat dapur. Tak perlu khawatir, alat ini cenderung tumpul, sehingga aman digunakan dan nggak merusak dinding freezer.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya