Tak perlu digosok, begini trik cepat bersihkan noda kunyit di tangan dan kuku pakai 2 bahan dapur

Tak perlu digosok, begini trik cepat bersihkan noda kunyit di tangan dan kuku pakai 2 bahan dapur
foto: YouTube/House Cleaning Hacks

Brilio.net - Kunyit termasuk salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak. Tak hanya jadi bumbu dasar masakan, kunyit juga sering diolah jadi jamu atau minuman herbal karena kaya manfaat kesehatan. Dilansir dari hopkinsmedicine.org, mengonsumsi kunyit bisa membantu mengurangi peradangan, mengatasi nyeri otot pasca olahraga, hingga mendukung kesehatan ginjal.

Selain untuk obat, kunyit juga kerap dimanfaatkan sebagai pewarna kuning alami. Kandungan kurkumin di dalamnya bisa menghasilkan pigmen warna kuning yang begitu cerah. Warna kuning ini lantas kerap dipakai sebagai pewarna alami dalam berbagai makanan dan minuman.

Saat hendak digunakan, biasanya kunyit akan dikupas dan diparut terlebih dahulu. Dan saat dipegang, kandungan kurkuminnya bisa menempel di tangan dan kuku. Alhasil, tangan dan kuku penuh noda berwarna kuning yang berasal dari kunyit tersebut.

Noda kunyit di tangan dan kuku ini cukup sulit dihilangkan, lho. Sekalipun sudah cuci tangan dengan sabun, nodanya akan terus melekat. Namun jika dibiarkan begitu saja, noda kunyit di tangan dan kuku tentu sangat mengganggu karena bikin tangan tampak kotor.

Banyak orang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan noda kunyit ini. Ada yang kemudian mencuci tangan sambil menggosok-gosok noda tersebut menggunakan sikat. Walau mungkin bisa memudarkan nodanya, namun cara ini bisa berbahaya karena sikatnya berpotensi menggores permukaan kulit.

Padahal tahu nggak sih? Sebenarnya ada metode lain yang lebih aman dilakukan dalam menghilangkan noda kunyit ini. Seorang pengguna YouTube dengan channel bernama House Cleaning Hacks pernah membagikan trik menghilangkan noda kunyit di tangan dan kuku tanpa perlu digosok atau disikat.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya