Tak perlu direndam air cuka dan garam, ini trik menggoreng terong supaya warnanya tetap ungu cerah

Tak perlu direndam air cuka dan garam, ini trik menggoreng terong supaya warnanya tetap ungu cerah
foto: TikTok/@bucamat82

Brilio.net - Terong termasuk salah satu sayuran yang jadi favorit banyak orang. Saat dimasak, terong mengeluarkan rasa manis alami yang khas. Selain itu, teksturnya yang lembut juga membuat sayur satu ini kerap dipilih sebagai menu makan di rumah.

Memang pada dasarnya, terong bisa diolah jadi berbagai macam menu makanan lezat. Mulai dari lodeh, sambal, hingga aneka tumisan. Selain itu, terong juga dapat disantap langsung sebagai lalapan setelah digoreng begitu saja.

Terong goreng menjadi salah satu olahan yang paling banyak diburu. Bukan tanpa sebab, terong yang digoreng biasanya akan mengeluarkan rasa yang lebih manis. Tak hanya itu, terong goreng juga bisa dimasak kembali dengan aneka bumbu untuk dijadikan sambal atau menu tumisan.

Pada dasarnya, menggoreng terong bisa dilakukan seperti halnya menggoreng bahan makanan lain. Namun terkadang, banyak orang justru mendapati hasil terong yang kecokelatan atau bahkan hitam. Bukan tanpa sebab, terong memiliki banyak sekali pori-pori halus yang membuatnya mudah teroksidasi dan akhirnya berubah warna ketika terkena udara panas dari penggorengan.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, sebagian orang biasanya akan menerapkan trik khusus sebelum menggoreng terong. Ada yang memilih untuk merendamnya dalam air cuka yang dicampur dengan garam. Selain itu, ada juga yang memilih membaluri terong dengan tepung maizena.

Kedua metode tersebut memang ampuh mencegah perubahan warna pada terong. Namun tahu nggak sih? Sebenarnya ada trik lain yang bisa dilakukan tanpa harus menggunakan sejumlah bahan-bahan tersebut. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @bucamat82.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya