Tak perlu direndam air es, begini trik mengupas telur dalam jumlah banyak agar hemat waktu dan tenaga

Tak perlu direndam air es, begini trik mengupas telur dalam jumlah banyak agar hemat waktu dan tenaga
foto: YouTube/BUNDA YANI KULINER

Brilio.net - Merebus telur memang merupakan pekerjaan yang mudah. Namun hal ini berbanding terbalik dengan proses mengupasnya. Mengupas telur rebus cenderung sulit karena kulit atau cangkang telur seringkali menempel di bagian putih telurnya.

Hal tersebut tentu memengaruhi hasil kupasan. Biasanya permukaan telur rebus jadi tampak bertekstur atau nggak mulus. Padahal kondisi telur seperti itu tentu rentan hancur. Selain itu, ada banyak bagian putih telur yang terbuang sia-sia.

Banyak orang kesulitan mengupas telur karena masalah tersebut. Satu telur saja kadang sudah merepotkan, apalagi jika jumlahnya banyak. Tentu akan memakan waktu dan tenaga ekstra untuk mengupas banyak telur rebus.

Untuk mempermudah proses pengupasan, sejumlah orang biasanya mengandalkan air es atau es batu. Jadi telur akan direndam air es selama beberapa menit. Cara ini dianggap mampu membuat cangkang telur terlepas dari bagian putihnya, sehingga akan lebih mudah dikupas.

Memang perlu metode khusus untuk mengupas telur, terlebih jika jumlahnya sangat banyak. Namun selain menggunakan air es, ada cara lain yang nggak kalah praktis lho. Seorang pengguna YouTube BUNDA YANI KULINER pernah membagikan trik mengupas 50 butir telur rebus dalam waktu singkat. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku telur rebus ini akan dipakai untuk pelengkap menu katering miliknya.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya