Tak perlu direndam cuka atau air panas, ini trik bersihkan kerak gosong di wajan pakai 2 bahan dapur

Tak perlu direndam cuka atau air panas, ini trik bersihkan kerak gosong di wajan pakai 2 bahan dapur
Instagram/@karinastore1

Brilio.net - Wajan yang digunakan terus menerus biasanya akan tampak gosong bagian bawahnya. Wajan gosong bisa karena terkena api kompor yang terlalu besar atau bahkan kondisi api yang merah (bukan biru) karena burner kompor yang kotor.

Nah, semakin lama dibiarkan, noda gosong di wajan bisa menebal dan akhirnya berkerak, lho. Kondisi wajan yang seperti ini tentu membuatnya kurang nyaman dilihat dan digunakan. Oleh sebab itu, wajan harus segera dibersihkan hingga kembali kinclong seperti baru.

Sayangnya, membersihkan kerak gosong di wajan ini tidak semudah itu. Kerak gosong yang telanjur menempel akan sulit hilang jika hanya digosok dengan sikat. Alhasil, banyak orang kemudian menggunakan trik khusus. Misalnya dengan merendam wajan dalam larutan cuka dan air panas. Kedua bahan ini dinilai dapat membuat kerak gosongnya melunak dan mudah disikat.

Namun alih-alih merendam wajan, kamu bisa menggunakan trik lain seperti yang dilakukan pengguna Instagram @karinastore1. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah dan di dapur. Dengan bahan tersebut, kerak gosong pada wajan bisa hilang dalam waktu 30 menit saja. Sangat cepat, bukan?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya