Tak perlu direndam dalam beras, ini cara menghilangkan sensasi panas di tangan akibat terkena cabai

Tak perlu direndam dalam beras, ini cara menghilangkan sensasi panas di tangan akibat terkena cabai
TikTok/@hepicircle

Brilio.net - Banyak masyarakat gemar mengonsumsi makanan pedas. Bagaimana tidak, sebagian masakan khas Nusantara bahkan memiliki cita rasa pedas yang khas. Nggak heran jika banyak orang mengaku kurang pas jika makan tanpa ada sensasi pedasnya.

Biasanya rasa pedas ini berasal dari lada atau cabai. Namun cabai masih menjadi bahan makanan yang paling sering digunakan untuk meningkatkan cita rasa pedas pada makanan. Bukan tanpa sebab, rasa pedas dari cabai sendiri memang cukup menyengat dan bikin ketagihan para penggemarnya.

Namun memasak atau mengonsumsi cabai bisa bikin kulit hingga mata pedas. Entah ketika memotong atau mengulek, tangan yang terkena cabai bisa terasa panas. Hal ini disebabkan karena senyawa kimia bernama capsaicin yang terkandung dalam cabai. Nah, senyawa inilah yang membuat tangan terasa panas dan terbakar ketika menyentuh cabai.

Sensasi panas di tangan ini biasanya berlangsung cukup lama. Untuk menghilangkannya, tangan biasanya harus direndam terlebih dahulu dalam beras. Cara ini dinilai dapat menghilangkan senyawa capsaicin yang menempel di tangan.

Namun jika kamu sudah mencoba dan kurang ampuh, ada metode lain yang bisa digunakan. Metode ini pernah dipraktikkan oleh pengguna TikTok @hepicircle. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku memiliki tiga cara berbeda dalam menghilangkan sensasi panas di tangan akibat cabai.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya