Tak perlu direndam, ini trik cepat mengupas bawang merah tanpa bikin mata perih

Tak perlu direndam, ini trik cepat mengupas bawang merah tanpa bikin mata perih
TikTok/@masznasir

Brilio.net - Bawang merah sering dijadikan bumbu dasar berbagai macam masakan. Biasanya bawang merah ini dicampur dengan bawang putih untuk menghasilkan masakan yang sedap dan lezat. Nggak heran jika kemudian bawang merah ini jadi bumbu yang wajib ada di dapur.

Dibandingkan bawang putih, bawang mentah punya aroma cukup kuat. Saat mengupas dan mengiris bawang merah dengan pisau, banyak orang mengalami rasa perih di mata karena aromanya menyengat. Dilansir dari customs.go.jp, bawang merah yang dikupas dan diiris ini bisa mengeluarkan enzim yang dapat berubah jadi asam sulfat saat berada di udara. Nah, enzim inilah yang menyebabkan mata perih akibat iritasi dan mengeluarkan air mata.

Sejumlah orang lantas melakukan berbagai cara untuk mencegah mata perih akibat mengupas bawang merah. Salah satunya adalah dengan merendamnya di air. Bukan air biasa, bawang merah yang akan dikupas biasanya direndam di air hangat selama beberapa detik.

Nah, setelah direndam, bawang bisa dikupas seperti biasa. Selain bikin mata nggak perih, cara ini juga terbilang hemat waktu. Pasalnya, bawang merah punya kulit ari berlapis-lapis, yang membuat proses mengupas jadi lebih lama. Nah, merendam bawang di air hangat akan melunakkan kulit arinya, sehingga lebih cepat dan mudah dikupas.

Cara tersebut memang cukup efektif. Tapi jika jumlahnya cukup banyak, mengupas bawang merah tentu tetap memakan waktu. Tentu akan sangat melelahkan mengupas satu per satu bawang merah jika akan dipakai memasak dalam porsi besar.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya