Tak perlu disikat, ini trik hilangkan noda getah di baju ampuh pakai tambahan 2 bahan dapur

Tak perlu disikat, ini trik hilangkan noda getah di baju ampuh pakai tambahan 2 bahan dapur
foto: TikTok/@kalaundry

Brilio.net - Getah adalah benda bertekstur cair dan kental yang berasal dari batang, kulit, atau daun tanaman yang tergores. Biasanya getah ini banyak ditemukan pada beberapa jenis tanaman, seperti pisang, nangka, dan cempedak. Jika kamu memetik dan mengonsumsi buah ini, butuh kehati-hatian yang tinggi agar getah yang jatuh tidak mengenai baju atau pakaian.

Bukan tanpa sebab, getah pada pada dasarnya termasuk noda yang sulit sekali dihilangkan. Jika sudah terkena baju, akan sangat mungkin noda tersebut meninggalkan bekas. Sekalipun dicuci dengan detergen, noda getah ini tetap meninggalkan bekas dalam waktu yang lama dan membuat baju tampak selalu kotor.

Memang butuh trik khusus saat hendak menghilangkan noda getah di baju. Namun karena detergen saja tidak cukup, banyak orang kemudian mengandalkan bahan khusus seperti minyak goreng. Usut punya usut, mengoleskan minyak goreng ke baju yang terkena getah dapat membuat noda tersebut jadi lembek dan mudah dibersihkan.

Sayangnya, penggunaan minyak goreng tidak selalu ampuh. Alhasil, kamu tetap harus menyikatnya dengan kuat agar getahnya benar-benar hilang. Padahal beberapa jenis kain biasanya akan langsung rusak jika disikat dengan kuat.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada metode lain yang bisa dilakukan. Metode ini pernah digunakan oleh pengguna TikTok @kalaundry. Melalui salah satu video yang diunggah, pemilik usaha laundry ini membeberkan metode khusus dalam menghilangkan noda getah di baju dengan lebih ampuh. Siapa sangka, dia mengandalkan bahan sederhana yang ada di dapur.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya