Tak perlu ditaburi tepung, begini trik menggoreng lele supaya tak meletus dan lengket di wajan

Tak perlu ditaburi tepung, begini trik menggoreng lele supaya tak meletus dan lengket di wajan
TikTok/@igrumahpink_dhecie

Brilio.net - Ikan lele mudah dibudidayakan, sehingga kerap dijual dengan harga terjangkau. Alhasil, banyak orang kemudian memilih ikan lele untuk dikonsumsi sebagai menu makan sehari-hari.

Ikan lele ini paling sering diolah dengan cara digoreng saja. Menu lele goreng memang cenderung mudah dibuat dan rasanya pun lezat. Hanya disantap dengan nasi putih dan sambal saja, lele goreng sudah jadi menu yang menggugah selera.

Jika ingin mengolah lele, kamu cukup memarinasinya dengan bumbu. Lalu lele bisa digoreng dalam minyak panas. Namun perlu diketahui bahwa saat digoreng, lele ini bisa menyebabkan letupan pada minyak, lho. Hal ini disebabkan karena kandungan air pada lele menimbulkan reaksi pada minyak panas.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya sejumlah orang akan mengandalkan tepung. Jadi sebelum digoreng, minyak akan diberi taburan tepung. Hal ini berfungsi untuk menyerap kandungan air pada ikan lele, sehingga tidak menimbulkan letupan minyak.

Sayangnya, penggunaan tepung ini bisa membuat minyak jadi kotor, lho. Oleh sebab itu, sebagian orang akan berpikir dua kali jika hendak menerapkan metode ini. Sama halnya yang dilakukan oleh pengguna TikTok @igrumahpink_dhecie. Melalui salah satu video berdurasi 27 detik, dia mengaku menggunakan trik lain untuk mencegah letupan minyak saat menggoreng lele.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya