Tak perlu jeruk nipis, ini trik menghilangkan bau amis pada usus ayam pakai satu bahan

Tak perlu jeruk nipis, ini trik menghilangkan bau amis pada usus ayam pakai satu bahan
foto: YouTube/Sry Glenmore

Brilio.net - Jeroan, makanan satu ini sudah jadi hidangan khas Nusantara yang biasa disajikan sebagai menu rumahan. Jenis jeroan sendiri beragam banget, ada paru, hati, ampela, usus, dan lain sebagainya. Nah, satu yang jadi favorit banyak orang yakni usus ayam.

Usus ayam sendiri bisa disulap jadi gorengan sampai tumisan dengan rasa yang lezat. Di sisi lain, usus ayam juga memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh, lho. Dilansir dari healthline.com, usus ayam memiliki vitamin B12, asam folat, zat besi, magnesium, zink, dan lain sebagainya.

Namun, memang usus ayam ini sebaiknya tak dikonsumsi secara berlebihan biar tidak meningkatkan asupan lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh. Nah, ngomong-ngomong soal hidangan usus ayam, meskipun rasanya enak, tapi masih banyak yang menghindari masak hidangan satu ini, lho.

Pasalnya, sebelum dimasak, usus ayam harus dibersihkan dengan teliti untuk menghilangkan kotorannya. Di samping itu, meski sudah dibersihkan, usus ayam pun terkadang masih memiliki bau amis yang cukup kuat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan baunya. Kebanyakan orang menggunakan jeruk nipis ataupun direbus dengan aneka rempah.

Tetapi, tak harus pakai jeruk nipis ataupun direbus, bau usus ayam bisa pula dihilangkan dengan cara lainnya, lho. Cara ini nggak kalah simpel dan sempat dibagikan oleh warganet bernama Sri lewat sebuah unggahan di YouTube pribadinya. Lantas, gimana sih caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya