Tak banyak yang tahu, ini trik merebus usus ayam agar tidak mengerut dan matang merata

Tak banyak yang tahu, ini trik merebus usus ayam agar tidak mengerut dan matang merata
foto: YouTube JEFRI Channel

Brilio.net - Hidangan usus ayam biasanya kerap dijual di warteg, angkringan, maupun warung makan lainnya. Nggak cuma dijadikan sate, usus pun bisa diolah menjadi berbagai macam tumisan, dicampur sambal, hingga dijadikan isian sup. Rasanya yang enak dan bertekstur kenyal, membuat olahan usus ayam menjadi andalan bagi banyak orang.

Namun sebelum diolah, usus harus direbus terlebih dahulu. Hal itu bertujuan menghilangkan bau tidak sedap pada usus ayam. Kamu bisa menambahkan berbagai bumbu atau rempah yang banyak pada air rebusan.

Meski membuat baunya hilang, namun merebus usus ayam harus dilakukan dengan cara yang benar. Karena jika asal, usus ayam malah akan mengerut dan tidak akan mengembang secara sempurna. Alhasil, ukuran usus pun menjadi tambah mengecil saat akan diolah kembali menjadi hidangan lainnya.

Tak hanya itu, usus yang mengerut pun biasanya membuat kematangannya tidak merata. Terdapat beberapa bagian usus yang masih mentah dan memiliki bau yang tidak sedap. Tentunya hal ini membuat kenikmatan usus berkurang saat dikonsumsi.

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, kamu bisa meniru pengguna YouTube JEFRI Channel saat merebus usus ayam. Cara ini membuat hasil rebusan usus ayam menjadi matang secara merata dan mengembang sempurna.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya