Tak perlu menelan nasi atau pisang, ini cara mengeluarkan duri ikan nyangkut di tenggorokan

Tak perlu menelan nasi atau pisang, ini cara mengeluarkan duri ikan nyangkut di tenggorokan
freepik.com ; YouTube/bugis tanete

Brilio.net - Ikan termasuk sumber protein hewani kaya nutrisi dan dapat mendukung kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Dilansir dari hsph.harvard.edu, mengonsumsi ikan 1-2 kali seminggu bisa mengurangi risiko stroke, depresi, hingga penyakit alzheimer.

Selain kandungan gizinya yang tinggi, ikan juga jadi pilihan karena rasanya lezat. Bahkan bahan makanan satu ini dapat diolah dengan berbagai macam bumbu serta metode, baik digoreng, direbus, ditumis, hingga bakar.

Namun di balik itu, mengonsumsi ikan terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Bukan tanpa sebab, beberapa jenis ikan memiliki tulang halus yang menyerupai duri. Tak jarang, duri ikan ikut tertelan dan justru menyangkut di tenggorokan karena tidak bisa terlepas dari dagingnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sejumlah orang biasanya akan memanfaatkan makanan bertekstur lembut seperti nasi atau pisang. Caranya, cukup dengan menelan pisang atau nasi yang sudah dibentuk gumpalan. Hal ini diketahui akan membantu mendorong duri ikan yang tersangkut di tenggorokan agar luruh ke lambung bersama dengan bahan makanan tersebut.

Tapi selain menggunakan nasi atau pisang, sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan, lho. Seorang pengguna YouTube bugis tanete pernah membagikan metode tersebut melalui salah satu video yang diunggah. Saat hendak mengeluarkan duri ikan, kamu harus memastikan dulu lokasi tulang tersebut di tenggorokan.

"Tersangkutnya tulang ikan di tenggorokan itu bervariasi, tergantung besar tulang ikannya kemudian bagaimana modelnya di dalam. Cepat atau lambatnya keluar tulang ikan tergantung dari model atau besar tulang itu," terang YouTube bugis tanete, dikutip BrilioFood pada Kamis (7/9).

Tak perlu menelan nasi atau pisang, ini cara mengeluarkan duri ikan nyangkut di tenggorokan

foto: YouTube/bugis tanete

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya