Tak perlu nasi sisa kemarin, chef ini punya trik agar tekstur nasi goreng tak lembek dan lebih pera

Tak perlu nasi sisa kemarin, chef ini punya trik agar tekstur nasi goreng tak lembek dan lebih pera
foto: Instagram/@elin.sulivan

Brilio.net - Nasi goreng adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer. Hidangan ini terbuat dari nasi putih yang digoreng bersama bumbu-bumbu, sayuran, dan protein seperti telur atau daging. Walau sederhana, namun ada trik tertentu untuk membuat nasi goreng semakin enak. Misalnya pemilihan bahan yang berkualitas serta penggunaan teknik memasak yang tepat akan menghasilkan nasi goreng yang menggugah selera.

Selain itu, salah satu kunci utama dalam membuat nasi goreng yang enak adalah penggunaan nasi putihnya. Biasanya sejumlah orang akan menggunakan nasi yang sudah dingin atau setidaknya nasi yang sudah didiamkan semalam di lemari es. Nasi yang dingin atau sudah kering akan lebih mudah dipisahkan butirannya saat digoreng, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih renyah. Tak hanya itu, nasi yang sudah dingin juga akan lebih mudah menyerap bumbu dan aroma dari bahan lain yang ditambahkan.

Selain menggunakan nasi sisa kemarin, terkadang sejumlah orang juga mengandalkan beras khusus untuk membuat nasi goreng. Beras yang dimaksud adalah beras pera yang memiliki tekstur agak keras. Nah, beras ini akan membuat nasi goreng juga nggak lembek saat dimasak.

Namun jika kamu tidak sempat menyiapkan nasi sisa dan tidak memiliki beras pera, tenang saja, ada trik lain yang bisa dilakukan agar tekstur nasi goreng tak lembek dan lebih pera. Trik ini pernah dibagikan oleh seorang chef bernama Elin Sulivan. Jebolan MasterChef musim kelima ini membeberkan metode lain dalam memasak nasi goreng.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya