Tanpa kemiri atau ebi, ini trik bikin nasi goreng ala resto yang sedap & gurih pakai 1 bahan tambahan

Tanpa kemiri atau ebi, ini trik bikin nasi goreng ala resto yang sedap & gurih pakai 1 bahan tambahan
foto: TikTok/@machelwie_

Brilio.net - Nasi goreng termasuk salah satu menu rumahan yang memiliki cita rasa nikmat. Meski terkesan sederhana, namun banyak orang memilih nasi goreng ini sebagai menu makan yang praktis dan lezat. Yup! Nasi goreng memang cukup mudah dibuat dengan bahan-bahan sederhana yang ada di dapur. Bahkan dengan nasi putih dan bawang saja, kamu bisa meracik nasi goreng yang enak.

Sayangnya tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua orang bisa membuat nasi goreng yang sesuai ekspektasi. Dalam beberapa kasus, nasi goreng yang dibuat justru jadi lembek dan menggumpal. Nggak cuma itu, aroma nasi goreng juga kurang sedap, sehingga bisa menurunkan selera makan.

Nah, untuk menikmati nasi goreng yang sedap dan bikin nagih, sebagian orang biasanya akan membelinya di restoran ala China. Memang pada dasarnya, nasi goreng merupakan menu hasil akulturasi antara budaya Tionghoa dan Indonesia. Oleh sebab itu, banyak yang mengaku bahwa rasa otentik nasi goreng masih kerap ditemui di restoran ala China.

Nasi goreng ala resto ini biasanya nggak cuma gurih dan sedap, namun ada sensasi smoky atau sedikit berasap. Usut punya usut, teknik memasak sangat memengaruhi hal tersebut. Bahkan ada yang kemudian menggunakan bahan khusus, seperti tambahan kemiri dan ebi sangrai. Kedua bahan ini dinilai dapat membuat nasi goreng semakin sedap dan smoky.

Namun jika di rumah sedang tidak ada stok kemiri dan ebi, kamu bisa menggunakan bahan lain, lho. Seorang kreator konten makanan pernah membeberkan trik sederhana dalam membuat nasi goreng ala resto yang sedap dan gurih. Melalui channel TikTok @machelwie_, dia mengaku tidak menggunakan kemiri atau ebi, namun ada bahan lain yang lebih praktis didapat.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya